Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Mengatasi Dari Terjadinya Error E840-001 Pada Mesin Canon Adance 6075

Hallo sobat fotocopy salam jumpa lagi salam sukses buat kita semua, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membagikan sedikit pengetahuan tentang Cara Mengatasi dari terjadinya Error E840-001 pada mesin fotocopy Canon imageRunner Adance 6075 yang mungkin anda semua belum mengetahui apa yang menjadi penyebab dan juga cara untuk mengatasi Error tersebut.

Apabila kita berbicara dan membahas mengenai kejadian Error juga kerusakan yang terjadi pada mesin fotocopy tentunya anda juga sudah akrab dengan Error atau trouble shooting yang memang masalah ini juga sering terjadi pada unit mesin fotocopy, mungkin hal ini juga sudah tidak asing lagi bagi anda khususnya adalah anda yang memiliki usaha fotocopy komersil atau copy center yang memang hampir setiap hari ber urusan dengan mesin fotocopy secara langsung, Biasanya anda juga lebih banyak mengalami masalah dari keluarnya Error yang mungkin masih asing buat kita yang memang berprofesi sebagi teknisi mesin fotocopy.

Yang dimaksud dengan kejadian keluarnya Error code E840-001 ini adalah salah satu masalah yang berasal dari beberapa bagian sparepart yang terdapat pada unit mesin fotocopy yang mengalami gangguan atau kerusakan atau kinerja dari mesin fotocopy itu sendiri tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Mungkin ini didalam buku panduan mesin yang dikasih oleh pihak canon kode Error yang ada pada mesin fotocopy menunjukan bahwa Error dengan kode tersebut terjadi karena adanya bagian sensor yang tidak bisa untuk membaca tegangan arus listrik yang masuk ke dalam mesin fotocopy ketika tuas atau handel unit satu dinaikkan dan pintu utama fotocopy ditutup. Juga menyebutkan bahwa ada kerusakan pada fuser sensor fotocopy.

Sebenarnya bagi anda yang perlu diketahui adalah bahwa kita bisa untuk belajar dari sebuah rahasia yang terdapat didalam keluarnya code Error tersebut. Karena kode Error tentunya mempunyai dua bagian. 

Contoh Error Code : E000840-00001

Code: Error E840-0001 Description: Repairing an error on the Motor Shutter Sensor HP Shutter Fixing (PS53) failed to be detected during operation to Repair Shutter.

Remedy:

1. Recheck the Fixing Shutter Gear operating unit (there may be an overload, etc.).

2. Review the operation with Correct Motor Shutter (M15) in Correct Shutter initialization operation.

3. Check the HP Sensor (PS53) Fixing Shutter detection again (if this sensor operates normally).

4. Check back the drawer on the Fixing Assembly unit and main engine. Replace Fixing Upper Unit and Fixing Drawer Harness Unit parts.

5. Replace the Main Driver PCB (PCB2) unit (Check the fuse (FU11)).

Pada bagian yang pertama atau dengan kode Error E840 itu adalah petunjuk utama dari bagian sparepart mana yang sedang mengalami atau terjadi kerusakan. Sedangkan untuk bagian kedua atau code 0001 itu adalah petunjuk pada satu part dimana sparepart utama yang sedang mengalami kerusakan tersebut berada.

Contoh jelasnya. Error E840 ini adalah adanya kerusakan yang terjadi pada part seperti yang sudah saya disebutkan diatas tadi kemudian anda juga pasti bertanya-tanya, ada dimana letak dari sparepart yang mengalami kerusakan itu berada?  Anda juga bisa untuk melihat kembali petunjuk dari kode Error yang ada pada bagian kedua diatas tadi yaitu dengan kode belakang 0001.

Kode Belakang 001 adalah. Dimana kode tersebut adalah untuk memberikan kunci rahasia bahwa ada salah satu part yang ada dibagian pemanas yang berada di mesin fotocopy yang mengalami kerusakan, Jadi pada intinya adalah kode Error yang memunculkan kode angka seperti yang ada diatas itu maksudnya adalah mesin fotocopy ingin memberi-tahukan bahwa telah terjadi kerusakan pada bagian fuser sensor yang terletak dibagian unit pemanas mesin tersebut.

Cara untuk dapat mengatasinya adalah anda harus melakukan pembersihan pada bagian sensor yang terdapat pada mesin fotocopy tersebut, sebaiknya pada seluruh sensor pembaca kertas anda bersihkan semuanya dengan menggunakan kuas yang bersih ini dilakukan supaya tidak meninggalkan debu pada sensornya.

Untuk  langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian baut shutternya ada kemungkinan bahwa baut ini longgar maka juga bisa menyebabkan dari masalah Error 840-001 perbaikannya adalah anda bisa mengencangkan kembali mana baut yang kendor tadi, apabila mesin masih juga mengeluarkan indikator kode Error E840-001 anda juga bisa untuk melakukan penggantian part motor shuter untuk memastikan bahwa motor tersebut rusak atau tidak.

Pada bagian terakhir yang bisa menyebabkan kejadian Error E840-001 adalah bagian Element Heater yang sudah bengkok namun masalah ini juga jarang terjadi pada mesin yang kinerjanya tidak terlalu over, untuk memastikan disini anda juga bisa untuk melakuakan pengecekan pada saat kondisi mesin seperti ini.

Setelah semua bagian sudah selesai dipasang kembali kemudian anda hidupkan maka Mesin pun biasanya bisa hidup normal kembali dan juga bisa beroperasi normal lagi seperti biasanya, Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat kita semua yang memiliki usaha dibidang fotocopy atau copy centre dan juga dapat menambah pengetahuan ataupun wawasan kita dalam mengatasi berbagai masalah Error yang sewaktu-waktu dapat dialami oleh kita semua.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti blog ini dengan cara mengikuti blog ini agar anda selalu dapat informasi dari update terbaru yang mungkin bisa bermaanfaat buat anda yang mesin fotocopinya sedang mengalami masalah Error yang mungkin belum anda ketahui penyebab serta bagaimana caranya untuk mengatasinya dan selebihnya saya juga mengucapkan banyak-banyak terimakasih. 

Post a Comment for "Cara Untuk Mengatasi Dari Terjadinya Error E840-001 Pada Mesin Canon Adance 6075"