Cara Memperbaiki Mesin Fotocopy Canon iR Yang Mengalami Wait full Atau Loading Terus Menerus


Salam jumpa lagi di centralcopier pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang mesin fotocopy yang mengalami Loading terus menerus yang seharusnya apabila mesin fotocopy normal hanya butuh beberapa saat atau beberapa menit saja untuk Loading sempurna, dalam proses loading ini biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit untuk mesin iR5000, namun berbeda dengan loading yang saya alami kali ini, dimana mesin milik saya ini loading terus menerus tidak selesai dalam waktu yang sangat lama.

Dalam artikel kali ini saya mencoba untuk merangkum penyakit dari mesin saya iR5000 yang loading terus menerus, sebelum penyakit loading ini muncul, mesin ini terlebih dahulu blank monitornya, hanya lampu power saja yang menyala, karena masalah seperti ini sering saya alami jadi langsung saja, saya ganti RAM terlebih dahulu, dan benar monitor menyala, giliran monitor menyala malah loading tidak berhenti.
Berpikir sejenak, mungkin kurang lama loading, ditinggal berjam jam malah masih saja loadingnya tidak menuju ke tampilan normal, sudah pasti ada yang tidak beres dengan mesin ini, padahal bulan kemarin masih bagus.

Mencoba untuk mempelajari dan mengingat proses kerja ketika mesin fotocopy baru saja dinyalakan, saat mesin baru dinyalakan maka mesin akan melakukan pembacaan data pada beberapa perangkat berikut ini.

Penyebab mesin fotocopy canon IR loading procesing terus
1.      RAM Kotor

2.      DIIM ROM
3.      Hardisk Mesin
4.      Cek Pemanas
5.      Teemistor dan sub thermistor


Berbekal dari 5 part itu coba menganalisa, namun didalam pikiran ini sudah capek bakalan mainboard ni yang kena, dalam service mesin jangan terus menerus berasumsi namun langsung hajar saja, supaya tau effectnya jika diganti ini ada pengaruh atau tidak,

Kalo RAM seperti diawal sudah diganti berarti berlanjut ke DIMM ROM, bagi yang belum tau, itu hlo lempengan kecil di samping RAM, namun saat mengganti nya belum kelar masalahnya, terakhir ni mengganti HARDDISK, benar saja setelah ganti harddisk mesin mau normal,

Perbaikan mesin fotocopy canon IR loading procesing terus

1.      RAM
Cek pada bagian ram atau memori dengan cara mencopot dari mesin fotocopy lalu bersihkan bagian flat kuning ram menggunakan penghapus pensil.
2.      DIIM ROM
Langkah ini bisa sobat lakukan dengan cara mengganti DIIM rom atau dibersihkan saja
3.      Hardisk mesin
Hardisk adalah salah satu part yang memiliki pengaruh cukup besar pada kerusakan mesin fotocopy saat proses loading karna semua data mesin tersimpan di Hardisk.
4.      Cek Pemanas
Coba cek bagian pemanas, kerusakan pada bagian pemenas menyebabkan mesin sulit untuk ready sehingga akan terus menampilkan pesan loading.
5.      Cek bagian  Teemistor dan sub thermistor
Bagian ini ada di area pemanas, apabila kondisinya kotor sobat bisa bersihkan dengan braso atau alkohol lalu keringkan.

Kesimpulan dari yang saya uraikan diatas adalah:
Pada saat kita mengatasi mesin fotocopy yang loading terus menerus seperti yang saya alami ternyata sembuh dan kembali normal hanya dengan mengganti Harddisk nya saja, namun terkadang saya juga sampai mengganti mainboard untuk bisa mengatasi masalah ini, jadi silahkan dicoba saja ya, paling tidak anda sudah punya gambaran dari penjelasan saya diatas apa yang harus dilakukan jika mesin anda tiba-tiba mengalami loading terus menerus dan tidak mau untuk ready seperti biasanya.

0 Response to "Cara Memperbaiki Mesin Fotocopy Canon iR Yang Mengalami Wait full Atau Loading Terus Menerus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel