Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Terjadinya Error E0001-001 Pada Mesin Canon iR6570

Hallo sobat fotocopy dimanapun anda semua berada, salam jumpalagi dengan saya pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membagikan sedikit pengalaman tentang cara mengatasi dari terjadinya Error E001-0001 yang terjadi pada mesin fotocopy canon iR seri 6570, karena mungkin diantara anda semua pengunjung setia blog ini ada yang belum mengetahui bagaimana cara mengatasinya atau bahkan baru mengalami dari Error E001-0001 ini.

Error 001 - 001 penyebab utamanya biasanya di bagian fixing unit. Dari pengalaman yang saya alami, komponen penyebab error 001 - 001 biasanya adalah thermistor, sub thermistor atau thermoswitch. Namun pada kasus tertentu tidak menutup komponen lain yang bermasalah. Bahkan untuk kasus serius hingga harus mengganti DC control karena bermasalah.
Dibawah ini akan coba saya berikan sedikit pengalaman tentang apa yang menjadi penyebab dan juga bagaimana caranya untuk dapat mengatasi dari problem Error E0001-0001 pada mesin fotocopi canon iR6570 dan cara ini juga bisa anda terapkan pada mesin dengan seri yang sejenis dari canon iR6570 silahkan anda simak dan pelajari apa yang coba saya tuliskan dibawah ini:

Penyebab Terjadinya ERROR Atau Kerusakan Tersebut :

1.      Tegangan output pada jaringan PLN yang tidak sempurna, sering mengalami naik turun, atau tidak stabil
2.      Instalasi kabel, jenis kabel kurang baik atau tidak berkualitas, setiap kabel mempunyai kekuatan Ampere berbeda beda
3.      Komponen utama, Main thermistor, Sub thermistor, thermofuse, rusak aus atau kotor
4.      Mengalami Kerusakan elektronika pada bagian DC controller yaitu pda system jumper. red 127 V, black 220 V
5.      AC drive rusak / open circuit
6.      Plat Shutter atau kuningan yang berada didalam hot roll atua upper roll bengkong, berkerak hitam ini bisa anda bersihkan dengan menggunakan braso atau sampoli.
7.      Upper atau hot roll yang terlalu tebal, sehingga penyaluran panas ke thermistor agak lama
8.      Element heater utama terbakar, bisa terlihat ada cairan keluar atau bekas kebakar / konslet

Untuk mengatasinya ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan, berikut penjelasannya :

1.  Melakukan Clear Error Pada Mesin
Langkah utama tentu kita coba Clear Error terlebih dahulu, Anda tentu sudah tahu bagaimana caranya, masuk ke menu pada mesin fotocopy dengan cara menekan angka *28*.
·         Pilih menu COPIER
·         Pilih menu FUNCTION
·         Pilih menu ERR
·         Tekan OK pojok kiri bawah
Kemudian anda Restart mesin, mudah mudahan Error hilang,Jika belum hilang atau teratasi silahkan anda lanjut ke langkah ke dua.

2. Anda Bersihkan Thermistor dan Juga Sub Thermistor.

Untuk Langkah selanjutnya yang kita harus membongkar adalah unit pemanas atau disebut unit 1untuk bisa membersihkan part thermistor tersebut, Karena Penyebab dari terjadinya Error E001-001 bisa disebabkan juga oleh karena thermistor yang sudah kotor.

Setelah anda sudah berhasil melepaskan unit pemanas, kemudian unit Upper juga sudah terlepas,  anda lihat apakah part thermistornya sudah kotor atau tidak jika memang part tersebut kotor silahkan anda Bersihkan tapi dengan hati-hati dan jangan sampai plastik penutup pada busa thermistornya jadi sobek karena akan menjadikan part tersebut menjadirusak.

3. Melakukan Pergantian Pada Thermistor

Apabila semua langkah yang saya tuliskan di atas sudah dilakukan dengan benar dan Error E001-0001 masih belum juga teratasi, kemungkinan karena thermistor memang sudah rusak langkah untuk mengatasinya adalah dengan mengganti thermistor dengan yang baru atau untuk memastikan apakah memang masalahnya dari thermistor atau bukan anda cobalah terlebih dahulu dengan thermistor mesin yang lain, Jika setelah anda ganti dengan mesin lain dan mesin bisa ready itu berarti memang part thermistor yang sudah bermasalah atau rusak.

Dari ketiga point yang ada di atas mudah-mudahan permasalahan Error E001-001 dapat selesai, Jika ternyata masalah Error diatas belum juga teratasi, kemungkinan komponen atau elektonik pada belakang mesin yang bermasalah, kemungkinan adalah DC Control yang mengalami masalah.

Untuk masuk menu meng-Clear-kan Error pada mesin Canon digital yang Error E001.

1.      TEKAN  *28* secara bersamaan. Tunggu sampai muncul user technical interface, ikuti langkah selanjutnya.
2.      Tekan Copier
3.      Tekan Function
4.      Tekan Clear
5.      Tekan ERR
6.      Tekan Ok. Tunggu beberapa saat lalu matikan mesin fotocopy anda dengan menekan tombol sakral ON/Off yang biasanya terletak di samping badan mesin.
7.      Hidupakan kembali mesin anda, dan Error akan hilang jika kerusakan tidak terdapat pada komponen utama atau ada sparepart yang harus diganti.

Saran dari saya untuk penanganan yang terbaik buat mesin anda adalah:
1.      Konsultasikan dengan teknisi mekanik yang lebih berpengalaman
2.      lakukan penangganan dengan hati hati, dan pahami resiko yang terjadi jika penanganan kurang baik, dianjurkan konsultasi dan didampingi oleh orang yg lebih berpengalaman
3.      Lakukan penggantian terhadap komponen komponen yang telah disebutkan diatas
4.      Diusahakan untuk penggantian sperpats dengan menggunakan barang asli atau original, untuk menjaga keawetan dan meminimalisir dari penggantian pada part yang sama lagi.

Semoga apa yang saya berikan kali ini dapat bermanfaat buat anda semua selebihnya saya hanya bisa mengucapkan banyak-banyak terimakasih buat anda semua yng selalu setia mengunjungi blog ini untuk selalu mendapatkan pengetahuan dan penyelesaian tentang berbagai masalah yang terjadi pada Mesin Fotocopy.

1 comment for "Cara Mengatasi Terjadinya Error E0001-001 Pada Mesin Canon iR6570 "

  1. Mesin sy 6570 begini persis, .... Sy ganti sub thermistor, aman smntara, tp lama kelamaan muncul lg begini, apnya ya

    ReplyDelete