Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Mengatasi Mesin Fotocopy Yang Mengalami Malfungsi Tidak Bisa Menarik Kertas

Salam jumpa lagi sobat fotocopy semua dimanapun kalian berada pada kesempatan yang baik ini saya akan memberikan sedikit tips atau cara untuk mengatasi mesin fotocopy yang tidak bisa menarik kertas dan part apa saja yang bisa menjadi penyebab utama dari masalah mesin tidak bisa menarik kertas padahal mesin tidak mengalami Error.

Pada saat kita menggunakan mesin fotocopy seri apa pun itu, apabila kondisi mesin fotocopy tidak bisa untuk menarik kertas rasanya masalah yang satu ini sangat sulit untuk dihindari, Kenpa begitu ya karena memang sebagian besar mesin fotocopy modern memiliki desain yang hampir sama.

Panduan Untuk Mengatasi Mesin Fotocopy Yang Malfungsi, Malfungsi yang terjadi pada mesin fotocopy memang terkadang sangat mengganggu pada pekerjaan kita ada yang menampilkan pesan kode Error dan ada juga yang tidak, Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi mesin fotocopy yang tidak bisa menarik kertas.

Di antaranya adalah seperti yang akan coba saya bahas dibawah ini simak baik-baik apa saja yang harus kita cek atau juga perlu untuk kita lakukan pergantian beberapa solusi umum di bawah ini bisa Anda terapkan. Penasaran? Yuk, simak informasi selengkapnya di seperti yang ada bawah ini:

1.      Sponge Roller
Hal pertama yang bisa anda coba adalah mengganti Spong roller juga sangat berpengaruh dalam hal penarikan kertas apbila spong roll ini sudah aus atau kondisinya sudah tidak bagus lagi maka akan menyebabkan terjadinya kertas nyangkut atau malah kertas tidak akan bisa jalan sama sekali, jadi sebaiknya lakukan pergantian pada spongroll ini sebelum mengakibatkan kerusakan pada part yang lainnya.

2.      Ganti Pick Up Roller
Tahap kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dari masalah ini adalah dengan mengganti roller pick up, Roller pick up sendiri adalah karet roller yang posisinya berada di paling ujung dari deck paper, Bagian fotocopy ini adalah bagian yang memiliki fungsi sebagai pengambil atau penarik utama pada kertas. Jadi, apabila mesin fotocopy mengalami masalah dalam menarik kertas, mungkin hal tersebut disebabkan oleh roller pick up yang sudah aus dan perlu segera untuk dilakukan pergantian.
3.      Ganti Deck Paper
Tidak hanya roller pick up, deck paper juga berfungsi sebagai penarik kertas dalam mesin fotocopy. Jadi, bisa masalah mesin tidak bisa menarik kertas belum juga terselesaikan bahkan setelah Anda mengganti roller pick up, Anda mungkin juga harus mengganti bagian satu set yang berada di sebelah samping mesin fotocopy ini.

4.      Ganti Motor Drive
Tahapan yang satu ini adalah tahapan yang sangat penting karena bagi semua motor yang ada pada mesin fotocopy, karena motor drive ini mempunyai peran yang sangat penting. Motor drive adalah satu buah PCB yang memiliki fungsi sebagai pemberi atau pengatur arus listrik untuk  seluruh motor yang ada di dalam mesin fotocopy. Lokasinya berada tepat di sebelah dalam waste tank, Kemungkinan Anda juga perlu untuk mengganti motor drive ini untuk mengatasi dari masalah mesin yang tidak bisa menarik kertas.

Karena Ada kemungkinkan penggerak roller pick up mengalami masalah listrik pada pcb motor drive, Sehingga dengan melakukan pergantian PCB merupakan salah satu solusi untuk mengatasi mesin fotocopy yang tidak bisa menarik kertas.

5.      Ganti DC Control
Satu lagi yang ada pada bagian dari mesin fotocopy yang juga mungkin perlu Anda coba untuk di ganti adalah DC control. DC control ini adalah Part mesin fotocopy yang memiliki banyak fungsi karena DC control ini sebagai pusat dari pembagi arus listrik ke seluruh komponen yang ada pada mesin fotocopy perlu diganti apabila sudah rusak karena apabila DC control ini sudah rusak dan tidak dilakukan pergantian maka mesin fotocopy juga tidak akan bisa digunakan.

Pencegahan-pencegahan Yang Bisa Anda Lakukan.
Apabila mesin fotocopy Anda sudah berjalan seperti semula dan masalah mesin fotocopy tidak bisa menarik kertas sudah di atasi, ada beberapa pencegahan yang mungkin perlu Anda ketahui agar masalah ini tidak terulang lagi. Yakni:

Gunakan kertas yang bersih. Kertas menyerap kelembaban dan kelembaban bersama dengan kotoran, adalah musuh mesin fotokopi Anda. Jadi, pastikan Anda hanya menggunakan kertas bersih yang bebas debu.

Gunakan kertas yang tepat. Kertas memiliki bobot berbeda. Jadi, pastikan untuk menggunakan pengaturan yang tepat pada mesin fotokopi Anda untuk bobot kertas yang berbeda juga, Bersihkan kaca, Pastikan semua permukaan kaca pada mesin fotokopi Anda dibersihkan dengan kain lembut atau handuk kertas dan pembersih kaca biasa.

Kondisioner daya (atau paling tidak pelindung lonjakan arus) akan membantu memperpanjang umur peralatan mesin fotocopy Anda, Bersihkan rol pada mesin fotokopi. Untuk memindahkan kertas melalui bagian dalam printer, mesin fotocopy, atau mesin faks rol digunakan untuk menggenggam dan mengumpankan lembaran kertas melalui mesin untuk membuat cetakan baru, menyalin,atau mengirim faks.

Karena terpapar, rol ini menarik debu, kotoran, serat, dll. Sekali sebulanatau lebih, biasakan untuk membersihkan setiap rol menggunakan sedikit air dan sabun. Kemudian gunakan kain untuk mengeringkan setiap rol. Lebih baik lagi, beli beberapa formula pembersih resmi untuk menghilangkan residu sabun.

Itulah beberapa yang dapat kita jadikan sebagai solusi untuk mengatasi masalah dari mesin fotocopy yang tidak bisa untuk menarik kertas yang bisa saja untuk Anda lakukan sekarang. Semoga informasi yang saya bagikan kali ini dapat bermanfaat buat kita semua dan selebihnya saya ucapakan banyak-banyak terimakasih.

Post a Comment for "Cara Untuk Mengatasi Mesin Fotocopy Yang Mengalami Malfungsi Tidak Bisa Menarik Kertas"