Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Mengatasi Kertas Yang Selalu Macet Di Fixing Mesin Fotocopy Canon iR 3570

Salam jumpa kembali sobat fotocopy dimanapun anda berada, pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba untuk berbagi pengalaman tentang cara mengatasi kertas yang selalu macet di unit pemanas atau Fixing khusus untuk mesin canon iR 3570, sebenarnya untuk cara yang akan coba saya bagikan kali ini juga bisa diterapkan pada jenis mesin fotocopy sejenis iR 3300 yang memang memiliki system pemanas atau unit fixing yang sama seperti Canon iR4570/3300/3570.

Untuk System fixing yang ada pada mesin canon iR 3570 ini masih menggunakan system pemanas seperti thermistor dan juga keramik yang dilengkapi dengan fuser film, ini hampir sama dengan mesin fotocopy canon yang memiliki kecepatan 33 lembar sampaidengan 40 lembar/menit dalam menggandakan fotocopian.
 1. Tahapan Yang Pertama Adalah Setting Kertas Pada Laci / Tray Kertas.
Biasanya untuk kasus yang saya temui sering sekali macet di unit fixing canon iR 3570 ini jika posisi kertas adalah berada pada posisi A4, namun ketika ukuran kertas dirubah ke posisi ukuran A4R kemudian jalan kertaspun menjadi lancer, jadi anda juga bisa meniru cara yang saya lakukan apabila kertas selalu jam di posisi pemanas, coba anda putar knob untuk setting kertas ke posisi atau ukuran A4R, posisi ini juga bisa anda gunakan untuk fotocopy dengan kertas yang lebih tipis seperti ukuran kertas 60gram atau ukuran dibawah 70gram lainnya.

Kalau menurut saya pribadi disini ada kemudahan tersendiri dalam menarik kertas A4R dibanding dengan ukuran kertas A4 karena ada perbedaan baik itu dari lebar kertas itu sendiri, ketika posisi A4 roller akan lebih keras berusaha menarik kertas karena bidang lebarnya lebih panjang, namun ketika menggunakan ukuran kertas A4R tersebut posisi bidang lebar yang ditarik akan menjadi lebih kecil, mungkin ini salah satu yang terkadang membuat kertas dengan ukuran A4 sering mengalami nyangkut di unit pemanas atau fixing.

2. Grease Pada Fixing Unit Yang Sudah Kering
Pada komponen yang satu ini yaitu keramik pada pemanas sebaiknya sering diberi grease tahan panas supaya putaran pada fuser film ini menjadi lembut dan juga lancar, ketika grease ini sudah terbakar dan sudah kering maka fuser pada unit fixing hanya akan mengandalkan daya putar dari roller lower yang ada pada unit fixing atau roller pemanas.

Karena hilangnya lapisan grease membuat putaran fuser film menjadi berat, ditambah dengan kertas yang melewati menambah berat lagi putaran fuser, sehingga tak jarang kertas menjadi berhenti di pemanas, langkah untuk mengatasi jam di unit pemanas atau fixing ini adalah dengan membongkar fixing unit kemudian bersihkan pada permukaan keramik sampai benar-benar bersih, kemudian berikan grease atau pelumas tahan panas yang khusus untuk fixing unit, kemudian pasang kembali fuser filmnya.

Sebelum anda memasang kembali unit fixing, coba anda pancing terlebih dahulu putaran fuser film dengan memasukkan kertas sampul atau kertas apa saja secara manual ke jalur fixing kemudian anda putar secara manual, hal ini bertujuan untuk meratakan grease agar merata ke permukaan dalam fixing film, agar putaran kembali lancar dan juga terasa halus.

3. Keramik Pada Unit Fixing Sudah Terlepas Dari Kedudukannya
Keramik yang sudah terlepas lemnya dari dudukannya ini tidak akan mengeluarkan kode Error namun kertas akan sering jam di fixing, keramik ini langsung menempel pada thermistor jadi bisa saya simpulkan panas yang akan dihasilkan oleh thermistor jadi tidak merata ke seleruh permukaan keramik, sehingga hal ini yang sering membuat kertas jam di pemanas.

Salah satu langkah yang bisa anda lakukan disaat genting adalah menempelkannya kembali dengan lem dexstone/lem besi, hal seperti ini sering saya lakukan karena lem khusus untuk menempelkan keramik ke permukaan plastik susah didapat, cara ini terkadang ampuh sampai berbulan-bulan.

4. Roller Lower Fixing Yang Sudah Tidak Bagus Lagi
komponen terakhir yang perlu di check adalah lower roller fixing, karena item ini yag langsung memutarkan film dari pemanas, jika roller ini licin,maka dia tidak akan mampu untuk mmeutarkan fixing film, cara yang bisa diambil untuk mengatasinya adalah dengan cara membersihkan roller ini dengan mencuci sampai dengan kembali keset.
Langkah yang terabik adalah tentu saja dengan mengganti part roller lower ini, karena beberapa kasus dilapangan ketika kertas selalu macet di pemanas terselesaikan dengan mengganti roller lower. Sekian kiranya ulasan mengenai maslah untuk mengatasi kertas yang mengalami jam di unit fixing canon iR 3570 kali ini, semoga artikel ini dapat membantu dari malasah yang sedang anda alami.

Selebihnya saya ucapkan banyak-banyak terimakasih dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog ini karena akan selalu meng update artikel tentang berbagai hal permasalah yang timbul pada mesin fotocopy.

Post a Comment for "Cara Untuk Mengatasi Kertas Yang Selalu Macet Di Fixing Mesin Fotocopy Canon iR 3570"