Cara Untuk Mengganti Tali Wire Corona Pada Mesin Fotocopy Canon iR


Bagi para pelaku usaha dibidah wira usaha khususnya penyedia jasa penggandaan dokumen salah satunya adalah usaha fotocopy yang harus diperhatikan adalah merawat mesin fotocopy merupakan hal yang wajib untuk dilakukan karena untuk menjaga kualitas cetakan supaya tetap prima.

Perawatan dilakukan berbanding lurus dengan seberapa seringnya kita menggunakan mesin fotocopy itu, setelah sekian waktu dipakai kondisi mesin akan berubah untuk itu perlu adanya perawatan secara rutin, kali ini saya akan membahas cara merawat CORONA ATAS dan CORONA BAWAH (lazim juga disebut WIRE)
Wire corona ini biasanya menggunakan wire ukuran 0.006mm yang berwarna kuning. Lama kelamaan kawat akan berkerak kemudian warna manjadi kehitaman. Bersihkan bagian ini satu minggu sekali, setelah anda melepas plastik penutupnya anda bisa menggosok kawat dengan kain yang diolesi cairan sanpoly atau brasso. Setelah keraknya hilang kawat akan menjadi berwarna kuning kembali. Namun apabila kawat sudah berwarna hitam dan terasa kasar maka perlu segera diganti yang baru.

Berikut ini  cara mengganti wire mesin fotocopy, sebenarnya apa sih fungsi dari kawat(wire) corona ini, wire berfungsi sebagai charger untuk menginduksi tegangan pada sistem rekam gambar.

Siapkan Juga Alat-Alat Yang Dibutuhkan Saat Mengganti Tali Wire Corona:
1.      Wire corona
2.      Cutter
3.      Gutting
4.      Kunci L ukuran 8, atau benda apapun yang dapat menggantikan kunci L tersebut.

Setelah alat yang dibutuhkan sudah komplit waktunya anda menyiapkan mental dan mata anda untuk mengganti wire yang putus tadi. Silahkan anda ikuti langkah - langkah yang telah saya berikut rangkum dibawah ini.
1. Ambil ujung wire dan kaitkan ke kunci L untuk membentuk sebuah lingkaran kecil yang akan kita kaitkan pada ujung corona. Kemudian putar-putarkan kunci L tersebut seperti anda memutar tali sampai wire benar-benar melilit dengan sempurna dan tidak akan kembali ke posisi lurus lagi, kemudian potong sisa wire agak pendek saja dengan gunting tentunya.

2. Setelah ujung satu selesai sekarang anda kaitkan ujung yang tadi ke ujung corona, lihat wire disebelahnya bila anda tidak tahu dimana untuk meletakkan ujung wire tersebut, ukur kira-kira berapa panjang wire sampai ke ujung yang lain, jangan terlalu dekat dan juga jangan terlalu jauh.

Ambil per yang kecil, per ini akan kita kaitkan ke wire dan ujung lainnya akan kita kaitkan ke ujung corona bawah, jadi per ini akan mengatur kekencangan dari wire, seperti yang saya bilang, ukur panjang wire jangan terlalu panjang supaya wire kencang.

kaitkan per tadi yang sudah anda siapkan tadi ke wire dan lakukan pemutaran pada tali wire hingga tali wire benar-benar melilit dengan kuat dan sempurna, gunakan gunting saja untuk memotong sisanya.

3. Ambil cutter dan tancapkan ke per, agak ke ujung lebih saya sarankan, tarik perlahan per dengan kekuatan cutter sampai pada dudukan per, pelan-pelan dan semoga berhasil.

Itulah cara yang biasa saya lakukan jika wire corona bawah putus, wire harus kencang agar dia dapat bekerja dengan baik, butuh beberapa kali percobaan sampai anda berhasil untuk mengganti wire tersebut.

Demikian kiranya yang bisa saya bagi kepada anda semua tentang cara mengganti wire corona yang putus, semoga artikel kali ini bisa menjadi ilmu dan juga bermanfaat buat kita semua, salam sukses dan Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Untuk Mengganti Tali Wire Corona Pada Mesin Fotocopy Canon iR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel