Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Mengatasi Error E04-103 Yang Terjadi Pada Mesin Fotocopy Canon IR5570/IR6570

Masalah pada mesin foto copy adalah terjadinya Error pada mesin sala satunya yaitu jika mesin mengalami Eroor E04-103, untuk masalah error yang satu ini memang jarang terjadi namun tidak menuntut kemungkinan error E04-103 ini juga terjadi padamilik  mesin fotocopy canon IR anda. 

Permasalahan Pada Error E04-103 ini sering terjadi pada mesin fotocopy canon seri iR5570/iR6570 dan juga tipe lain yang sejenis dengan iR6570/ir5570. Cara untuk  mengatasi masalah dari munclnya Eror E04-103 pada mesin fotocopy canon iR ini sebenarnya sama. Sebelum kita membahas mengenai solusi atau cara untuk mengatasi  E04-103 yang terjadi pada mesin fotocopy canon iR terlebih dulu alangkah baiknya kita mengetahui apa penyebab utama yang menjadi masalah E04-103 yang terjadi pada mesin foto copy anda.

Untuk Masalah Error yang satu ini biasanya muncul karna adanya bagian kerusakan yang berkaitan dengan kelistrikan, dimana kerusakan atau permasalahan yang menyebabkan terjadinya E004 salah satunya karna disebabkan oleh Pasokan listrik IH rusak / karena mekanisme kontrol IH mengalami kerusakan. Sedangkan untuk Error 0103 sendiri kebanyakan terjadi karna  kerusakan pada IH yang tidak ada Arus listrik.

Namun ada juga sebagian pengalaman sudah melakukan beberapa pengecekan pada beberapa bagian IH, Dc Control, Element, kabel dari DC ke IH tidak putus, termostat, hamper semuanya dalam kedaan yang baik - baik saja tetapi masalah Error E04-103 tetap keluar pada mesin fotocopy canon iR6570 ini.

Dengan masalah Error E04-103 pada mesin fotocopy ini memang memerlukan penelitian dari jalur yang berkaitan dengan masalah E04-103 pada mesin fotocopy canon IR ini, baik dari mekanisme kerja dan juga mencari beberapa refrensi dan pengalaman pengguna lainnya, tidak salah jika anda mencari solusi perbaikan masalah E04-103 mesin fotocopy canon iR dengan mengetik kata kunci di internet, cara memperbaiki E04-103 mesin fotocopy canon iR. karna disini saya akan mencoba untuk mengulas satu persatu masalah untuk memperbaikan E04-103 ini.

Cara Memperbaiki Error E04-103 Mesin Fotocopy Canon iR
Sebaiknya Sebelum kita memutuskan untuk melakukan pergantian pada beberapa part yang sudah saya jelaskan diatas alangkah baiknya anda lakukan dalam perbaikan masalah  Error E04-103 pada mesin fotocopy adalah dengan mengecek pada tegangan arus listriknnya kemudian pengecekan pada jaringan listrik yang anda gunakan. faktor kelistrikan ini juga sangat berpengaruh dengan terjadinya masalah E04-103 pada mesin fotocopy canon iR 6570 series. Yang artinya anda harus mengecek seluruh bagian yang berkaitan dengan kelistrikan yang digunakan diantaranya :

Penanganan Masalah E04-103 Mesin Fotocopy Canon iR
1.    Pastikan Listrik anda stabil atau gunakan stabilizer
2.    Cek pada bagian terminal atau soket bodi yang berada di belakang mesin atau terminal lawan unit satu
3.    Bersihkan kelistrikan utamanya bagian mesin menggunakan contact cleaner
4.    Periksa sekring di Fixing Heater Power Supply
5.    Periksa unit IH Cable Guide
6.    Pasangkan kembali seluruh konektor baik dari Fixing Heater Power Supply PCB dan bagian yang berkaitan dengan listrik pada mesin.
7.    Ganti Fixing Heater Supply PCB atau sering disebut element heater dengan yang baru.

Untuk Beberapa solusi yang sudah kita bahas diatas dari urutan pertama sampai tiga diatas bisa anda lakukan sebelum memutuskan untuk melakukan pengecekan pada bagian IH, Dc Control, Element, kabel dari DC ke IH, termostat. Pada intinya yang menjadi masalah ini disebabkan oleh listrik yang tidak stabil atau terkendalanya suplai arus listrik ke dalam mesin fotocopy. 

Apabila ada dari penjelasan diatas yang tidak dapat menyelesaikan masalah dengan baik coba lakukan clear error mesin fotocopy dengan langkah masuk ke mode program *28* secara bersamaan kemuian (COPIER> FUNCTION> CLEAR> ERR). cara ini biasanya bisa menyelesaikan masalah namun sifatnya sementara.

Dari penjelasan yang sudah kita bahas diatas jadi kesimpulannya adalah penyebab dari Error  E04-103 mesin fotocopy canon iR6570 adalah disebabkan oleh bagian kelistrikkan yang tidak stabil, yang artinya anda harus menganalisa bagian - bagian mana yang mempengaruhi atau menyebabkan kelistrikkan tersebut menjadi tidak setabil.

Seperti yang sudah di jelaskan diatas. apabila semua penjelasan diatas sudah di praktekkan namun tidak membuahkan hasil sama sekali anda bisa segera menghubungi teknisi, karna mungkin kerusakan yang terjadi pada mesin anda diluar daripada pengalaman dan beberapa sumber yang saya rangkum.

Apabila ada tambahan seputar perbaikan dan solusi permasalahan E04-103 mesin fotocopy canon anda bisa tinggalkan di kolom komentara dibawah ini. semoga artikel ini dapat membantu menyelesaikan masalah yang sedang anda hadapi dan mengatasi masalah E04-103 tersebut. apabila bermanfaat jangan lupa like dan share ke teman yang lain.

Post a Comment for "Cara Untuk Mengatasi Error E04-103 Yang Terjadi Pada Mesin Fotocopy Canon IR5570/IR6570 "