Cara Untuk Memperbaiki Error E712-01 Yang Terjadi Pada Mesin Fotocopy Canon IR


Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang Permasalahan Error E712-01 yang terjadi pada Mesin fotocopy Error yang satu ini memang jarang terjadi pada pengusaha fotocopy namun tidak menuntut kemungkinan bahwa terjadinya masalah Error E712-01 ini juga terjadi pada Mesin fotocopy anda, kita akan bahas disini bagaimana  cara dan juga solusinya untuk menghilangkan Error E712-01 tersebut.

Dalam melakukan perbaikan pada Error E712-01 mesin fotocopy canon IR sebaiknya anda Pastikan Lampu sensor atas ADF menyala ketika dimasukkan kertas, langkah mengecek adf dengan melakukan menu feeder, fuction klik sent int klik ok matikan mesin dan hidupkan kembali, apabila bagian lampu led pcb adfnya mati berarti mesin anda konslet dibagian pcb adfnya, namun sebelum melakukan cara diatas anda harus melaksanakan beberapa tahapan langkah perbaikan sederharhana terlebih dulu dengan langkah seperti dibawah ini:

Langkah Sederhana Memperbaiki E712-01 Fotocopy IR5000/6000
·       Lepaskan kabel Conector ADF yang terpasang dibagian mesin fotocopy lalu pasang kembali
·       Semprot WD pada bagian lubang kebel ADF
·       Apabila dari langkah ini E712-01 tidak dapat diatasi anda bisa lakukan langkah diatas.

Berdasarkan pengalaman dilapangan untuk mengecek kerusakan bagian ADF jika mesin anda lebih dari satu, coba tuker ADF satu unit kemudian lakukan beberapa langkah dengan cara mereset mesin fotocopy dan hidupkan kembali.

Apabila mesin memang normal itu artinya kendala pada bagian ADF atau bisa juga ada di bagian PCB adf yang konslet atau mati. langkah perbaikan pcb konslet adalah dengan mengganti dengan yang baru. adapun beberapa solusi untuk memperbaiki pcb adf yang konslet anda tidak dapat melakukan langkah ini sendiri karna harus menggunakan beberapa pencarian dibagian mekanik pcb adf.
Langkah Memperbaiki ADF Error dari menu Program
Langkah ini bisa dilakukan dalam permasalahan error ketika adf tidak mau menarik kertas mengeluarkan indikator kesalahan di layar LCD mesin fotocopy, anda bisa mencobanya dengan masuk ke bagian program service mode dengan cara Tekan tanda * (bintang) lalu tekan angka 28 secara bersamaan, kemudian tekan lagi tanda * (bintang) ketika sudah masuk kebagian mode service program anda bisa ikuti intruksi berikut :

1.      Tekan menu FEEDER & FUNCTION & SEN-INT pada layar mesin fotocopy
2.      Tekanlah TRY - A4 yang ada di LCD / layar, kemudian geser penjepit pengatur kertas
3.      ADF nya persis diukuran A4 kemudian tekan ok
4.      Tekanlah TRY - A5R yang ada di LCD, kemudian digeser penjepit
5.      ADF nya persis diukuran A5R kemudian tekan ok
6.      Tekanlah TRY - LTR yang ada di LCD monitor, kemudian digeser penjepit
7.      ADF nya persis diukuran LTR kemudian tekan ok
8.      Tekanlah TRY - LTRR yang ada di LCD, kemudian digeser penjepit pengatur kertas
9.      ADF nya persis diukuran LTRR kemudian tekan ok

Pada bagian menu lain, misalnya CL-ON dan sebagainnya dipilih saja kemudian Anda tekan ok selanjutnya Anda masukkan kertas satu lembar di ADF/FEEDER Lalu Tekanlah "FEED-ON" dan tekan OK matikan sakelar ON/OFF kemudian Anda hidupkan kembali mesin fotocopy Anda. Langkah ini biasanya bisa menyelesaikan masalah ADF yang error ketika di isi kertas.

Penyebab Adf Mesin Fotocopy Rusak
Seperti pembahasan diatas masalah E712-01 pada mesin fotocopy terletak pada bagian ADF nya, namun ada beberapa hal diluar dari E712-01 yang menyebabkan adf mesin fotocopy rusak atau tidak bekerja dengan baik, permasalahan kerusakan ADF mesin fotocopy disebabkan kurangnya perawatan baik dari kebersihan ataupun dari perawatan Adf. 

Sebagai pengusaha fotocopy tentu anda sebagai pemilik mesin diharuskan merawat dan memelihara mesin dengan tujuan agar kinerja mesin selalu prima dan berjalan dengan normal.
Tentu dengan menjaga kebersihan dan juga merawat bagian - bagian part yang dirasa sudah minta ganti adalah salah satu cara menghindari error pada mesin fotocopy. sehingga masa pakai mesin akan menjadi tahan lama karna adanya perawatan baik dari kerbersihan dan juga part.

Masalah yang ditimbulkan di bagian adf yang disebabkan oleh debu atau kotor biasanya adf tidak mau menarik kertas atau los, nah solusinya tentu dengan memberikan sedikit air di kain basah lalu bersihkan karet penarik dari bekas debu kertas.
Untuk lebih jelasnya bagaimana cara merawat bagian Adf mesin fotocopy anda bisa baca penjelasan dibawah ini :

Tips Merawat Adf Mesin fotocopy Canon IR
1. Lakukan Cleaning Adf dari Program Mesin
Celaning Merupakan proses pembersihan Adf dengan program dimana cara kerjanya ialah dengan membersihkan jalur jalannya kertas yang masuk ke Adf. Adapun beberapa langkah kecil yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :

·         Klik Additional function pada layar monitor LCD  pada mesin Fotocopy
·         Klik Adjusment/Cleaning
·         Klik Cleaning Feeder
·         Tempatkan 12 lembar kertas di ADF
·         Klik start maka kertas akan tertarik dengan sendirinya, kita tinggal tunggu sampai proses selesai

2. Bersihkan bagian Roller ADF Mesin Fotocopy.
Roller adf adalah bagian inti dari Adf dalam menarik kertas yang akan diproses masuk kedalam Adf sehingganya roller ini adalah hal yang perlu diperhatian baik dari segi kebersihan dan pengecekan berkala.

Roller yang sudah tidak normal bisanya sudah licin dan ketika menarik kertas akan los sehingga menyebabkan kertas macet di Adf tidak tertarik. ketika Roller ini sudah haus solusinya adalah menggantinya dengan yang baru.

3.Karet Bawah roller mesin fotocopy canon IR
Karet ini letaknya dibagaian bawah Roller penarik kertas adf bentuknya seperti karet namun lama kelamaan bisa terkikis habis oleh jalannya kertas, apabila karet bawah roller ini sudah tidak layak pakai maka hal yang akan ditimbulkan adalah Roller pick up ADF kurang kuat dalam menjepit kertas hal ini tentu menyebabkan kertas tidak tertarik ke dalam. 

Apabila kondisi karet bawah Roller Adf ini sudah habis atau tipis langkah mengatasinya adalah dengan cara diganti dengan yang baru.

Kesimpulannya, kerusakan pada mesin fotocopy dengan indikator Error E712-01 ini biasanya disebabkan oleh sambungan konektor yang kurang kencang pada bagian ADF namun apabila sudah dirasa kencang namun masih terkendala masalah E712-01. bisa jadi terjadi konslet pada bagian pcb Adf atau arus pendek. Dari penjelasan di atas apabila terdapat tambahan silakan komentar dibawah.

0 Response to "Cara Untuk Memperbaiki Error E712-01 Yang Terjadi Pada Mesin Fotocopy Canon IR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel