Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Mengatasi Error 001 – 003 Pada Mesin Canon iR 5000/6000 Series


Pada kesempatan kali ini sayay ingin berbagi sedikit tentang cara untuk Mengatasi Error 001 - 003 pada mesin Canon seri iR 5000 penyebab utamanya biasanya di bagian fixing unit, Dari beberapa pengalaman yang saya alami, komponen yang penyebab Error 001 - 003 biasanya adalah thermistor, sub thermistor atau thermoswitch. 

Namun pada kasus tertentu tidak menutup komponen lain yang bermasalah. Bahkan untuk kasus serius hingga harus mengganti DC control karena bermasalah.
Semakin lama bergumul dengan kerusakan mesin fotocopy semakin komplek pula penyebabnya, kadang Error 0001-0003 ini bisa selesai dengan mengganti part yang biasa rusak, namun terkadang juga tidak bisa teratasi.
Dan untuk sekali lagi kita menjadi lebih pintar karena bertemu dengan masalah yang baru lagi, seperti yang dari awal saya katakan bahwa untuk mengatasi masalah mesin fotocopy tidak melulu sama untuk mesin dengan type yang sama.

Kebanyakan dari mesin fotocopy yang mengalami kejadian Error E001 bisa selesai hanya dengan mengganti main Thermistor atau atau sering disebut dengan sub thermistor, dan ini benar untuk mesin yang satu, kerusakan E001 nya selesai teratasi dengan mengganti sub thermistor salah satu penyebab dari keluarnya Error E001-0003

Namun kenapa tidak bekerja untuk mesin yang satunya ya? padahal ketika unit satu, mesin yang rusak dipindahkan ke mesin yang bagus/mesin yang tidak mengalami Error, unit satu tadi bisa bekerja, artinya main thermistor dan sub thermistor tidak menjadi masalah, kemudian apa yang menjadi masalah dengan mesin yang satunya, sudah dapat dipastikan jika Error E001 nya bukan berasal dari main thermistor tadi.

Untuk mengatasinya ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan, berikut penjelasannya :

1.  Clear Error
Langkah utama tentu kita coba clear Error terlebih dahulu. Para pembaca tentu sudah tahu caranya, masuk ke *28* pilih COPIER pilih FUNCTION pilih ERR tekan OK. Restart mesin, mudah mudahan error hilang. Jika belum hilang lanjut ke langkah ke dua.

2. Bersihkan Thermistor dan sub thermistor
Langkah selanjutnya kita harus membongkar unit pemanas untuk membersihkan thermistor. Penyebab dari keluarnya Error 001-003 bisa juga disebabkan oleh thermistor yang sudah kotor. Setelah unit pemanas dilepas, kemudian upper juga sudah terlepas, lihatlah dengan teliti pada bagian thermistornya apakah kotor atau tidak.

Bersihkan dengan hati-hati jangan sampai plastik penutup busa thermistornya sobek. Bersihkan juga bagian sub thermistornya Jika sudah bersih pasang kembali dan tes hidupkan mesinnya Mudah-mudahan permasalahan nya selesai. Jika masih belum kelar lanjut ke langkah tiga.

3. Ganti Thermistor
Jika langkah di atas sudah dilakukan dengan benar dan error masih belum hilang, kemungkinan thermistor memang bermasalah, Opsinya ganti thermistor dengan yang baru atau jika mesin lebih dari satu cobalah dahulu dengan thermistor mesin lain. Jika setelah thermistornya diganti mesin langsung bisa ready berarti memang unit thermistor yang bermasalah.

Dengan ketiga point di atas mudah-mudahan permasalahan Error 001-003 selesai, itu pengalaman saya pribadi Jika ternyata problem belum kelar, kemungkinan komponen belakang bermasalah, kemungkinan DC Control yang bermasalah.  Nah dari beberapa point yang kita bahas di atas mudah - mudahan masalah Error E001 - 003 pada mesin fotocopy ir5000/6000 bisa di atasi dan mendapatkan solusi, sekian  dan terimakasih semoga bermanfaat

Post a Comment for "Cara Untuk Mengatasi Error 001 – 003 Pada Mesin Canon iR 5000/6000 Series"