Cara Untuk Menghilangkan Bercak Blok Hitam Yang Terjadi Pada Hasil Fotocopian

Apa yang paling ditakuti oleh para pengusaha mesin fotocopy selain kerusakan mesin disaat ramai pelanggan?? jawabannya adalah muncul blok hitam pada hasil cetakan mesin fotocopy. kalau sudah kejadian seperti ini, maka akan ada pelanggan yang mengalami kecewa dan tidak akan kembali lagi untuk melakukan fotocopy di tempat kita. Yang tentunya hal ini akan berakibat pada berkurangnya pendapatan pengusaha.lalu bagaiamana solusinya jika hal itu terjadi dan bagaimana penyelesaian nya?? berikut ada beberapa cara mengatasi dan juga penjelasannya.

Toner Mesin Fotocopy
Mesin fotocoopy didesain khusus menggunakan tinta bubuk yang biasa disebut Toner, Toner adalah serpbuk besi yang memiliki partikel-partikel sangat halus dengan titik lebur 150-230 derajat celcius,  semakin kecil titik lebur maka semakin bagus kualitas toner. semakin kecil titik lebur mempengaruhi hasil cetak pada mesin fotocoopy.

Beberapa Fakta Tentang Toner

1.      Mesin fotocopy memiliki pemanas yang rata-rata suhunya mencapai 200 derajat celsius, sehingga jika toner memiliki titik lebur yang rendah (misal dibawah 180 derajat) maka toner akan cepat melekat ke kertas ketimbang toner dengan kualitas rendah 


2.      Mesin Fotocopy memliki kecepatan rata-rata 10-75 lembar permenit, untuk mesin dengan kecepatan rendah mungkin tidak akan ada masalah dengan toner, tapi untuk mesin berkecepatan tinggi ini akan menjadi masalah. misalnya sebuah mesin dengan heater element suhu mencapai 200 derajat celsius dan kecepatan permenit adalah 75 lembar. maka rata-rata perdetik adalah 1 lembar kertas, heater element dengan suhu 200 derajat tidak akan bisa meleburkan dengan sempurna toner dengan titik lebur 200 derajat celsius. 

Karena faktor suhu tidak cuma dari heater, tapi juga dari kertas bisa jadi memiliki suhu yang cukup rendah, suhu ruangan yang dingin atau dari kipas/ventilasi untuk mencegah mesin overheat yang menjadikan tidak cukupnya waktu 1 detik untuk melebur toner secara maksimal'

3.      Biasanya toner dengan kualitas rendah memiliki partikel besi yang lebih sedikit, dan partikel yang lebih besar pula, sedangkan mesin memiliki roll magnet yang digunakan untuk mensupply toner ke Drum untuk dicetak ke kertas Jadi kualitas toner mempengaruhi masalah blok pada mesin fotocopy. Selalu menggunakan Toner atau tinta yang memiliki kualitas bagus untuk mesin fotocopy yang anda miliki.

Primary Charge Atau Sering Disebut Dengan Corona Atas

Primary charge atau yang orang biasanya sebut sebagai corona atas adalah sebuah komponen dalam mesin fotocopy yang berfungsi mengalirkan arus listrik ke drum, sehingga Drum akan menarik toner dan mencetak hasil. Jika primary charge terganggu, kotor misalnya, maka hasil cetakan fotocopy tidak akan maksimal maka dari itu perawatan primary harus selalu diperhatikan.

Jika dalam sehari mesin berproduksi 50.000 lembar kertas maka setidaknya tiap 2 hari sekali primary dibersihkan dengan menggunakan cairan alkohol atau cairan pembersih lainnya. jika sudah tidak memungkinkan untuk dibersihkan maka gantilah dengan kawat yang baru. Gunakan kawat dengan tebal 0,6cm agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil.


Kebersihan Bagian-Bagian Mesin

Selain itu yang perlu diingat adalah menjaga kerbersihan bagian mesin fotocopy yang berhubungan dengan hasilc cetakan seperti kaca scanner. di bagian ini proses percetakan pertama kali di jalankan, apabila kaca scanner kotor maka hasil cetakan tidak akan maksimal karena beberapa titik akan tertutup debu saat di sinari cahaya.


Demikian sedikit pengalam saya tentang cara mengatasi hasil fotocopian yang block hitam semoga artikel ini dapat menambah wawasan tentang penyelesaian dari berbagai masalah yang timbul pada mesin fotocopi yang kalian miliki.

0 Response to "Cara Untuk Menghilangkan Bercak Blok Hitam Yang Terjadi Pada Hasil Fotocopian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel