Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Mengatasi Error E013 Yang Terjadi Pada Mesin Fotocopy Canon iR

Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk meng update artikel tentang bagaimana caranya  untuk mengatasi Error E013 yang terjadi pada mesin photo copy seri canon IR, mungkin error 013 ini juga terjadi dengan rekan yang memiliki usaha di bidang fotocopy, Error yang saya alami ketika sedang asik fotocopy tiba - tiba mesin mengeluarkan E013 tentu ini akan membingungkan untuk orang yang awam di dunia mesin fotocopy khususnya sebagai user.


Akhirnya saya memutuskan untuk mencari solusi tanya - tanya ke beberapa rekan teknisi dan mereka memberikan solusi bagaimana cara mengatasi E13 ini, nah sebelum saya kupas tentang solusi apa saja agar dapat menyelesaikan pada permasalahan E013 yang terjadi pada mesin fotocopy canon IR terlebih dulu saya akan menjelaskan apa sih sebetulnya yang menyebabkan mesin fotocopy canon E13 ini terjadi.
Yuk kembali ke topik bahasan mengenai cara mengatasi mesin fotocopy yang error e013. Masalah ini disebabkan karena toner/tinta limbah di pembuangansudah penuh, yang asal mulanya juga disebabkan karena Anda terlambat untuk membuang toner limbah.

Jika toner/tinta limbah ini sudah penuh makaper yang ada didalam slang pembuangan menjadi menekuk (bengkong),otomatis aliran toner/tinta limbah menjadi terhambat dan akhirnya mesinmengalami error E013. Nah, untuk mengatasi hal ini maka lakukan hal-halseperti berikut.

Penyebab Mesin Fotocopy E013

1. Gear roll magnet bermasalah.

Apabila bagian gear ini bermasalah alhasil akan menyebabkan E013 karna mekaniska kerja gear ini adalah membuang limbah toner .


2.Gear feedscrew dan feedscrew bermasalah

bagian Gear feedscrew merupakan susunan roda bergigi yang dimaksudkan untuk memutar feedscrew, feedscrew yang disesain seperti mata bor di fungsikan agar menarik sisa pembuangan toner ke dalam selang pembuangan toner apabila bagian ini bermasalah maka akan menampilkan E013 .


3. Roll Magnet Bermasalah

Fungsi dari Roll magnet ini adalah untuk menarik sisa toner yang menempel di drum setelah melakukan pencetakan di kertas. Dari gerakan atau gesekan gear magnet juga memungkinkan roll magnet dapat berputar dengan baik untuk kemudian membuang sisa toner ke ruang feedscrew.


4. Selang Saluran Pembuangan Limbah Mengalami Masalah

Didalam Selang pembuangan limbah toner ini terdapat gear spiral. Gear spiral ini berfungsi untuk menarik sisa toner yang dialirkan oleh feedscrew menuju waste toner tank apabila ini bermasalah tentu akan menampilkan E013


Cara Memperbaiki Mesin Fotocopy E013

Nah cara memperbaikinya untuk E013 tentu tidak telalu repot harus cek bagian mekanik lain, cukup sobat cek bagian - bagian yang sudah saya jelaskan di atas intinya sobat, E013 adalah masalah pembuangan yang full dan tidak dapat beroprasi dengan baik mengtasinya bersihkan seluruh tinta di pembuangan.


Dari beberapa penjelasan di atas semoga mudah di pahami dan memberikan wawasan serta solusi untuk mesin sobat yang mengalami E013.  Sekedar Saran dari saya apabila mesin fotocopy Anda sudah menghabiskan toner hingga kurang lebihnya 7 kg maka sebaiknya Anda segera membuang toner limbahnya agar hal-hal seperti diatas tidakterjadi. Semoga bisa bermanfaat dan bisa dijadikan pelajaran. Terima kasih Jangan lupa untuk share.

Post a Comment for "Cara Untuk Mengatasi Error E013 Yang Terjadi Pada Mesin Fotocopy Canon iR"