Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Mengatasi Error E0805-0001 Pada Mesin Fotocopy Canon iR3245

Salam jumpa lagi masih di blog yang sederhana ini, pada kesempata kali ini saya ingin memberikan sedikit penjelasan tentang terjadinya dari keluarnya Error E0805-0001 yang terjadi pada mesin fotocopy seri canon iR 3245, dari sekian banyak elektronik yang terdapat pada unit mesin fotocopi memiliki kendala dan juga memunculkan kode kerusakan yang berbeda juga.

 

Setiap motor yang bergerak pada unit mesin fotocopy ini membutuhkan pendingin yaitu kipas yang terdapat dalam unit mesin tersebut, kipas ini berguna atau berfungsi untuk mengatasi suhu panas yang berlebih serta memanagement suhu agar dapat selalu terkontrol dengan baik.

 

Mesin fotocopy yang kita miliki, memiliki sejumlah kipas yang berguna sebagai pengontrol suhu, agar suhu selalu dibatas yang diizinkan oleh mesin.lantas bagaimana jika suhu didalam box mesin fotocopy itu melebihi suhu normal atau kipas pendingin itu bekerja tidak normal atau lebih parahnya lagi mati.

 

Disini tentu saja mesin akan mengalami Error maka mesin siap mengirim kode Error ke layar monitor mesin fotocopy yang anda miliki, Inilah yang akan saya bahas berkenaan dengan Error E0805-0001 yang ditimbulkan oleh masalah suhu serta kipas pendingin.

 

Penyebab Mesin Fotocopy Mengalami Error E0805-0001 Canon iR3245

 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas permasalahan Error E0805-0001 pada mesin fotocopy Canon iR3245 ini disebabkan oleh beberapa fan atau kipas pendingin mesin yang mati, dimana bagian mesin fotocopy memiliki beberapa bagian kipas yang sangat dominan menyebabkan E0805-0001pada unit mesin fotocopy.

 

Macam Macam Kipas Pendingin Yang Terdapat Pada Unit Mesin Fotocopy

 

1.      FM1 Feeding fan

2.      FM2  Primary Charging Cooling Fan

3.      FM3  Heat discharging Fan

4.      FM4 Controller Cooling fan

5.      FM5 De-Curling Fan

6.      FM6 DC Power Supply fan

7.      FM7 HDD fan

8.      FM8 Duplex feeding fan

 

Nah inilah beberapa Fan yang ada di sebuah mesin fotocopy , namun saya tidak akan membahas semua kegunaan dari fan fan tersebut, saya hanya akan membahas fan yang mengakibatkan timbulnya Error E805.

 

Cara Unuk Memperbaiki Masalah Error E0805-0001 mesin fotocopy Canon iR 3245

 

Setelah kita mengetahui pokok permasalahan dari keluarnya Error E0805-0001 mesin fotocopy Canon iR ini, kali ini kita akan coba untuk membahas bagaimana cara menyelesaikan masalah Error E0805-0001 mesin fotocopy Canon IR, yang paling utama dari masalah Error E0805-0001  disebabkan oleh bagian kipas yang akan saya jelaskan seperti dibawah ini :

 

1.      FM1 Primary Charging Cooling Fan

Letak kipas ini tepatnya diatas bagian fixing, tentu sesuai dengan namanya fungsi fan atau kipas ini sebagai pemberi hawa dingin bagi primary charging yang berada pada bagian unit drum, kerusakan pada fan atau kipas ini sering terjadi dan akan menyebabkan keluarnya Error E0805-0001.

 

Solusinya tentu anda sudah sedikit paham apabila mesin mengalami kondisi E805 ada baiknya cek dan lakukan pemeriksaan pada kipas ini, apakah benar - benar kondisinya yang sudah rusak atau hanya sekedar soketnya yang kurang menempel dengan baik. karna dilapangan kebanyakan masalah fan disebabkan oleh soket yang kendor atau sudah longgar sehingga menyebabkan kipas tidak berputar atau tidak terhubung dengan mesin, dan menimbulkan Error E0805-0001 mesin fotocopy.

 

2.      FM3 Heat Discharging Fan

FM3 discharging fan merupakan kipas paling besar dari semua kipas yang ada di mesin fotocopy, berfungsi sebagai exhaust fan agar pendinginan di area fixing cepat turun suhunya. timbulnya Error E0805-0001 juga disebabkan oleh karena tidak berfungsinya kipas ini atau Karen kipas ini sudah mati.

 

Kipas ini berada di bagian belakang mesin, lepas cover dan lihat dibawah terdapat kipas paling besar itulah kipas FM3. Coba sobat cek saat mesin baru dinyalakan , apakah berkerja kipasnya serta pastikan soket dan kabelnya tidak terputus.

 

Mungkin ini saja yang bisa saya bagi pada kesempatan kali ini, semoga dengan artikel ini dapat membantu sobat yang sedang mencari solusi cara mengatasi Error E0805-0001, senang bisa membantu dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Untuk Mengatasi Error E0805-0001 Pada Mesin Fotocopy Canon iR3245"