Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Mengatasi Terjadinya Error 204-0001 Pada Canon iR5000

Pada kesempatan kali ini kita akan coba untuk membahas Tentang Permasalahan yang terjadi pada mesin yang mengalami Error 204-0001 yang sering terjadi pada mesin Canon dengan seri iR iR5000.  Dengan terjadinya masalah ini tentu kita harus mencari solusi bagaimana cara unrtuk bisa mengatasi dari Error 204-0001 atau lebih lengkapnya  bisanya yang ditemukan dilapangan adalah Error E204-0001.

Dengan munculnya kode Error yang terjadi pada mesin fotocopy ini, tidak hanya karena disebabkan oleh adanya kerusakan pada bagian part semata, melainkan terkadang juga bisa dari factor lain seperti daya pada tegangan listrik ini juga sangat berpengaruh bagi unit mesin fotocopy, baik untuk hasil dan juga bisa menyebabkan kerusakan pada mesin itu sendiri.

 

Penanganan yang dapat anda lakukan pada masalah Error atau kerusakan yang terjadi pada mesin fotocopy ini memang tidak bisa di lakukan semudah membalikkan telapak tangan, apalagi masalah yang kita hadapi terkadang masalah yang rumit,  baik itu dari segi pemasang bagian partnya, membongkarnya kemudian juga untuk menganalisanya, karena ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi anda yang akan mencoba untuk memperbaiki kerusakannya secara mandiri.

Berikut adalah pengertian dari apa itu Error E204-0001 yang terjadi pada mesin fotocopy Canon iR5000 dan kenapa Error tersebut muncul pada layar monitor mesin fotocopy yang anda miliki.

Pangkal dari terjadinya masalah Error E204-0001 merupakan salah satu masalah yang terjadi pada saat Signal pada unit Scanner leading edge (SCDP1) yang ada pada mesin fotocopy yang tidak dihasilkan dalam kurun waktu 0,8 detik setelah unit scanner bergerak maju atau ketika Signal unit Scanner leading edge (SCDP1) ini tidak dihasilkan dalam waktu 1,0 detik setelah unit scanner mulai bergerak maju.

Terdapat banyak hal yang bisa menjadi penyebab dari keluarnya kode kerusakan ini yang pertama adalah dikarenakan oleh scanner motor (M3) yang mengalami kerusakan, sensor original leading edge (PS3) atau  sensor scanner yang rusak atau dapat juga disebabkan karena adanya kerusakan pada DC controller PCB yang terdapat pada unit mesin photocopy itu sendiri.

Cara Untuk Memperbaiki Masalah Muculnya Kode Error E204 Pada mesin Fotocopy Canon iR5000

Untuk dapat memperbaiki dari masalah Error E204-0001 ini ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, berikut ini adalah langkah - langkah untuk dapat memperbaiki dari keluarnya E204-0001 pada mesin Canon iR5000 yang mungkin anda alami.

Langkah yang Pertama adalah Anda harus mengecek, apakah lampu scanner bergerak maju pada saat tombol start anda tekan, Jika lampu scanner tersebut tidak bergerak silahkan Anda coba untuk memeriksa unit sensor original leading edge sensor yang berada di unit scanner dan gantilah dengan part sensor yang baru .

Apabila sensor original leading edge sensor (PS3) atau sensor scanner dalam kondisi baik maka Anda perlu melakukan pemeriksaan pada jalur perkabelan dari unit DC controller PCB yang menuju ke sensor original (PS3) juga pada konektornya mungkin ada kabel atau konektornya yang kurang baik atau bahkan sudah cacat dan rusak.

Disini Anda juga perlu untuk memeriksa kondisi dari motor scanner (M3) dan juga perkabelannya yang menuju ke unit DC controller PCB . Dan apabila semua tahapan pemeriksaan telah dilakukan tetapi hasilnya mesin masih tetap Error E204-0001, kemungkinan terjadinya kerusakan pada DC controller PCB.

Sekian sedikit pengetahuan yang dapat saya bagikan dari penyebab keluarnya masalah dan langkah-langkah pemeriksaan yang dapat saya paparkan pada artikel yang saya bagikan kali ini dan artikel saya ini hanya sebagai pedoman dalam menganalisa dari kerusakan pada Error E204-0001 dan selebihnya anda juga harus lebih teliti lagi dalam menganalisanya.

Post a Comment for "Cara Untuk Mengatasi Terjadinya Error 204-0001 Pada Canon iR5000"