Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Mengatasi Error E0002-0000 Mesin Canon iR Advance 4245

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk memberikan tips mengenai cara untuk mengatasi masalah dari keluarnya kode error pada mesin fotocopy canon iR Advance 4245 - Mesin Fotocopy seri canon ini sangat banyak jenis dan juga typenya, beberapa di antaranya adalah jenis Mesin Fotocopy medium atau sedang dengan kecepatan rata-rata antara 30-45 ppm dengan type iR Advance 4245 dan masih banyak lagi yang sejenisnya dengan seri tersebut.

Dari bermacam kode Error yang terdapat pada mesin fotocopy salah satu yang sering keluar atau terjadi dan sudah dapat dipastikan dialami oleh semua pengusaha fotocopy adalah Error dengan Kode E0000,0001,0002, karena ketiga code Error itu berpusat pada unit fixing atau pemanas yang tidak bisa bekerja dengan normal, untuk permasalah di unit fixing ini biasanya terjadi karena suhu mesin yang tidak normal.

Berikut akan coba saya bagikan tentang cara melakukan penanganan Error pada mesin fotocopy canon iR Advance medium series mulai dari kode Error pertama yaitu E000-0000 dikarenakan Error pada mesin fotocopy seri ini juga cukup banyak, maka untuk penjelasannya akan saya bagi menjadi beberapa bagian supaya lebih mudah dan lebih enak untuk membacanya, sialahkan anda pahami dan anda praktekan sendiri pada mesin anda selamat mencoba dan semoga berhasil.

Berikut ini adalah beberapa informasi yang bisa saya bagikan tentang bagaimana cara mengatasi Error-Error yang tersebut diatas:

1.Error E000 iR Advance 4245

Kode Error E0000 ini dikarenakan oleh adanya suhu pada fixing yang tidak mencapai 70 derajat dalam waktu 2 menit pada saat mesin dihidupkan pada buku service manual yang dikelurkan oleh pihak canon tertulis seperti dibawah ini:

·         Pada unit Termistor utama atau TH1 ada kontak lemas atau ada sirkuit yang terbuka.

·         Pada tombol yang berkenaan dengan panas (TP1) ada sirkuit yang terbuka.

·         Pada penyediaan alat pemanas ada sirkuit yang terbuka.

·         Pada SSR itu ada yang salah/cacat.

Dari beberapa pengalaman saya kalau untuk mengatasi E000 adalah dengan mengganti keramik yang ada pada film unit, karena keramik ini biasanya sudah short atau bahkan konslet. Namun sebelum anda memutuskan untuk mengganti keramik film, lebih baik anda mencoba untuk melakukan reset Error pada mesin terlebih dahulu, saya yakin langkah untuk melakukan reset Error anda sudah bisa cara untuk melakukan Clear Error, apabila setelah mesin di clear tapi  masalah Error masih juga tetap keluar, silahkan anda coba untuk mengganti unit keramiknya pemanasnya.

2. Error E0001

E0001 ini merupakan turunan dari keluarnya Error E0000 dan masih berkerabat dekat dengan Error 0000, masalah ini juga masih di seputar fixing unit, Error E0001 ini lebih karena disebabkan oleh suhu pada fixing yang terlalu tinggi atau over heat sedangkan untuk E 0002 lebih karena suhu naik tapi tidak normal.

Langkah pertama tetap coba dengan reset error bila masih muncul maka kerusakan ini biasanya sub control yang sudah aus (iR Advance 4245) , sub control ini ada dua di sebelah kanan dan kiri coba anda periksa satu persatu.

3. Error Code E002 iR Advance 4245

Suhu naik secara tidak normal (naik kadang cepat terkadang lambat).

E002-0000: Ketika mesin mulai menyala, pembacaan suhu pada Thermistor utama kurang dari 115 derajat celcius berlanjut selama 400 milidetik atau 1,3 detik setelah suhu mencapai 100 derajat celcius (sudu tidak naik lagi setelah mencapai 100 derajat).

Penanganan: Lakukan Reset Error terlebih dahulu seperti cara yang ada di atas, lalu coba ganti Thermistor utama jika error tetap muncul, atau ganti DC Control sebagai pilihan terahir. Namun kenyataan yang sering terjadi di lapangan adalah lebih sering hanya melakukan Reset Error saja mesin sudah bisa berjalan normal seperti biasa lagi.

4. Error Code E003  iR Advance 4245

Suhu fixing terlalu rendah ketika mesin menyala dari awalnya dalam keadaan standby (contro saver).

E0003-0000: Ketika ontrol ontrolure sedang bekerja, pembacaan suhu pada Thermistor utama kurang dari 140 derajat Celcius selama 400 milidetik atau lebih.

Penanganan: Reset error menjadi yang pertama dalam menghadapi segala jenis error pada mesin fotocopy, karena semua ontrol di pegang oleh DC Control, kesalahan deteksi akan sering terjadi jika DC control tidak mendapat sumber daya yang memadai. Jika error masih tetap muncul, lakukan penggantian Thermistor atau DC Control. Kenyataan yang ada di lapangan, bahwa Error ini jarang keluar dan apabila terjadi ini juga cukup di selesaikan dengan melakukan Reset Error pada mesin saja.

5. Error E0007 iR Advance 4245

Terjadinya Error 0007 ini dikarenakan oleh fixing film tidak dapat berputar atau putaran fixing film tidak benar pada posisinya, ini biasanya dikarenakan oleh fixing film yang sudah rusak maupun dikarenakan grease pada fixing yang sudah kering sehingga putaran menjadi lambat.

Fixing film ini juga harus perputar dengan baik maka anda perlu untuk mengoleskan grease pada bagian dalam fixing film, jangan hanya di bagian luar dari fixing film, ini bertujuan supaya fixing film dapat berputar dengan sempurna.

Apabila anda mendapati fixing film sudah aus atau bahkan sobek maka E0007 ini juga akan muncul, maka gantilah fixing film yang rusak tersebut, untuk perhatikan saat anda mengganti atau memasang fixing filam perhatikan tanda putih pada fixing film saat memasangnya, jangan sampai tertukar.

Description Code Error: E002-0000  iR Advance 4245

Fixed insufficient rise unit temperature

1.      The reading on the main thermistor is less than 115 degrees C continuously for 400 msec 2.5 seconds after showing 100 degrees C.

2.      The reading on the main thermistor part is less than 150 degrees C continuously for 400 msec 1.3 seconds after showing 140 degrees C.

Error Repair Code: E002-0000

1.      Follow the following to delete on error: COPIER > FUNCTION > CLEAR > ERR; and then POWER OFF and ON again.

2.      Recheck the Connector connection (Thermistor Connector: J2063/J2510/J214, AC Connector: J105).

3.      Replace the Main Thermistor unit (Film Unit).

4.      Replace the Main Fasteners Unit.

5.      Replace the DC Controller PCB (UN2).

Demikianlah sedikit pengetahuan tentang berbagi cara untuk mengatasi dari terjadinya Error pada mesin fotocopy canon seri medium seperti Canon iR Advance 4245 dan yang sejenis, semoga informasi yang saya bagikan kali ini dapat memberikan wawasan lebih buat anda semua, selebihnya saya ucapkan banyak-banyak terimakasih karena telah setia mengunjungi blog ini sekian dan terimakasih.

Post a Comment for "Cara Untuk Mengatasi Error E0002-0000 Mesin Canon iR Advance 4245"