Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Menyetting Menu Mailbox Yang Terdapat Pada Mesin Fotocopy Seri Canon iR

Salam jumpa lagi sobat Photocopy dimanapun anda berada pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk membagikaln sedikit tips atau cara untuk menyetting mailbox pada mesin fotocopy khususnya pada Mesin fotocopy dengan seri canon iR karena pada saat ini mesin fotocopy sudah di setting hampir mirip dengan perangkat computer.

Karena pada mesin fotocopy digital untuk saat ini juga sudah dilengkapi dengan perangkat hard disk yang mana data-data atau berkas-berkas dari mesin fotocopy ini juga bisa kita simpan di dalam perangkat hardisk tersebut kapan saja. Kemudian bagaimana cara untuk menyimpan berkas-berkas yang sudah kita copy didalam mesin fotocopy tersebut.
Dalam kita melakukan setting pada menu mailbox ini sendiri anda tidak memerlukan driver khusus lain  halnya apabila anda menyetting scan melalui perangkat komputer, yang harus disiapkan salahsatunya adalah driver mesin yang sesuai dengan type mesin fotocopy yang anda gunakan. Driver ini juga bisa untuk anda download dengan mencari di google search sesuaikan dengan type mesin yang anda miliki.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana caranya untuk  menyimpan hasil scan pada mesin fotocopy ada baiknya anda juga mengerti terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan menu Mailbox, Scan dan juga Send.

1.      Scan
Sebenarnya scan fitur yang ada pada mesin fotocopy ini difungsikan untuk merubah file ( gambar / tulisan ) yang berbentuk Hard Copy menjadi File Soft Copy bisa berbentuk file dengan format JPG atau bisa juga TIFF atau PDF dan hasil scan tersebut bisa kita simpan pada media penyimpanan data seperti Hardisk Komputer atau Flashdisk.

Untuk menggunakan fitur yang satu ini anda terlebih dahulu harus mengkoneksikan mesin fotocopy anda dengan perangkat komputer terlebih dahulu dan juga harus menginstal Driver Scan Gear Tool versi terbaru supaya dapat digunakan sebagi media scaner.

2.      Mailbox
Fitur menu mailbox ini juga bisa anda gunakan sebagai tempat untuk menyimpan hasil scan buku atau dokumen yang lainnya yang sering difotocopy, jadi apabila suatu saat anda membutuhkan dokumen tersebut untuk  diprint / fotocopy lagi anda bisa langsung mengambilnya dari data penyimpanan di Mailbox untuk di print kembali.

Mailbox ini menggunakan memory yang terdapat pada hardisk pada mesin fotocopy anda dan kapasitasnya juga terbatas jadi file yang sudah lama disimpan dan dirasa tidak diperlukan sebaiknya dihapus saja.

3.      Send
Fitur send yang ada pada mesin fotocopy digital pada prinsipnya juga sama saja dengan fitur pada menu Scan, perbedaanya adalah dari cara kerjanya saja yaitu fitur scan adalah untuk merubah format pada dokumen dengan cara menarik dokumen dari mesin ke perankat komputer dengan cara 2 kali kerja.

Sedangkan untuk fitur send ini anda hanya perlu satu langkah untuk bekerja saja yakni dengan menaruh dokumen yang ingin di rubah menjadi file soft copy di mesin fotocopy kemudian mengirimnya ( sending ) ke alamat perangkat komputer yang ingin dituju untuk menerima filenya.

Tentu saja anda juga harus melakukan beberapa settingan pada fitur send supaya bisa anda gunakan, fitur send ini akan lebih efektif untuk dipergunakan diperkantoran yang memang memiliki jumlah perangkat komputer lebih dari 5 unit dan lokasi komputer yang saling berjauhan satu dengan yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengunakan fitur yang ada pada menu MAILBOX yang ada pada mesin fotocopy canon iR:

1.      Tekan menu MAILBOX kemudian anda pilih folder yang kosong baru kemudian SCAN.
2.      Kemudian anda Pilih Doc Size Select, ini yang berfungsi untuk memilih ukuran pada kertas seperti ukuran LGL, A4, A4R, LTR,dll (bisa anda tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda)
3.      Pilih Document Name, menu ini berfungsi sebagi kolom untuk memberi nama pada dokumen. Apabila Anda sudah memberi nama pada document tersebut, tentu akan memudahkan apabila Anda membutuhkan document yang sudah Anda simpan.
4.      Kemudian tekan juga menu 2-Sided Original, ini yang berfugsi untuk fitur bolak – balik. Maka document yang akan keluar nanti juga langsung otomatis menjadi bolak-bolik.

5.      Setelah melakukan setting sudah selesai sekarang memulai untuk SCAN, Setelah SCAN selesai tekan DONE dan DONE lagi.
6.      Kemudian anda Tekan tombol bintang  ( * ) baru Mail Box Setting > Box Set Store > Pilih folder yang baru saja diisi > Pilih berapa lama dokumen akan disimpan dengan cara menekan tanda anak panah ke bawah atau keatas, 3 our = 3 jam  / 0 our = selamanya.
7.      Setelah itu kemudian anda pilih tombol Regyster Name, ini yang berfungsi untuk menampilkan nama dokumen yang telah Anda Scan tadi tampil di menu MAILBOX. Ini supaya Anda tidak kesulitan untuk  mencari-cari nama document yang telah Anda Scan tadi.

Setelah selesai dengan cara yang sudah saya tuliskan diatas data pada menu mailbox anda akan tersimpan dan tidak akan terhapus secara otomatis sampai anda memutuskan untuk menghapus datanya, semoga dari tulisan yang saya bagikan kali ini bisa bermanfaat untuk anda khususnya dan untuk kalian semua yang sudah membacanya, selebihnya saya ucapkan banyak-banyak terimakasih.

Post a Comment for "Cara Untuk Menyetting Menu Mailbox Yang Terdapat Pada Mesin Fotocopy Seri Canon iR"