Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Mengatasi Toner Mesin Fotocopy Yang Tidak Mau Turun Pada Mesin iR6570


Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sedikit pengalaman mengenai bagaimana caranya untuk mengatasi toner atau tinta pada mesin fotocopy yang tidak mau turun ke unit  developing. Apabila kita berbicara soal mesin fotocopy memang tidak pernah lepas dari berbagi kerusakan-kerusakan, karena pada unit mesin fotocopy ini memang banyak sekali komponen-komponennya.

Apabila toner atau tinta ini tidak mau turun ke unit developing maka mesin fotocopy Anda tidak akan mengeluarkan tulisan atau hasil, karena unit developing inilah yang akan menyuplai tinta ke area unit drum, yang mana drum inilah yang akan mengeluarkan tulisan, Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan dari terjadinya tinta tidak mau turun ke devloping sampai akhirnya bisa menyebabkan banyak masalah. Diantaranya adalah;
1.      Hasil Fotocopy belang.
2.      Muncul Error code yang menyangkut tinta.
3.      Hasil Fotocopy blank/kosong
4.      Status fotocopy jadi suspend terus ketika fotocopy berjalan karna mesin meminta botol toner meminta diisi tinta/toner, padahal toner full terisi tinta.
5.      dan lain-lain sebagainya.

Dalam mengatasi masalah tersebut. Ada yang perlu anda perhatikan disini, Sebelum memutuskan untuk memperbaiki komponen yang terbialng cukup rumit, Ada baiknya memeriksa yang mudah-mudah dahulu, Contohnya adalah kabel devlop.

Biasanya tinta atau toner ini tidak mau turun ke developing  bisa disebabkan oleh kabel devlop yang kotor, terlepas, atau bisa juga karena rusak, Yang dimaksud dengan kabel devlop disini  adalah kabel sensor yang terdapat pada unit devlop.

Untuk posisi kabel sensor ini berada di sebelah kanan pintu samping atas mesin fotocopy, Silahkan cek dahulu kabel tersebut dengan cara melepas devlop dari tempatnya, Dan pastikan juga bahwa developing dalam kosong karena tidak terisi tinta untuk memastikan memang tinta tidak turun sama sekali.

Jika devlop dirasa tidak ada masalah, Cobalah membuka pintu tempat botol toner berada. Lalu lepas botol toner dari tempatnya. Setelah itu lihat apakah kepala botol mengalami kerusakan atau tidak. Dengan ciri-ciri kerusakannya bagian kepala botol toner mengalami patah dibeberapa bagiannya.

Jika botol toner pun dirasa tidak ada masalah. Inilah masalah yang agak rumit dalam cara memperbaikinya, Masalah tinta tidak turun berarti disebabkan oleh motor tinta mati atau mungkin sensor toner atas sudah lemah atau mungkin bisa jadi sudah mati, Untuk mengetahui penyebabnya itu benar atau tidak berasal dari motor atau sensor, maka cobalah buka pintu toner lalu tutup kembali.

Jika botol berputar itu berarti motor bagian penggerak toner untuk turun ke devlop itu baik-baik saja, Dan sensor toner bagian atas lah yang mengalami kerusakan. Jika botol toner tidak berputar sama-sekali, sedangkan mesin selalu meminta toner, dipastikan kerusakan ada pada motornya.

Bagaimana cara untuk mengatasi toner yang tidak mau turun kedeveloping sama sekali? Ada dua cara mengatasi masalah tersebut, Diantaranya adalah:

1.      Dengan cara mengisi manual toner atau tinta langsung ke unit devloping.
2.      Dengan cara mengisi manual 50% + Otomatis 50%. Maksudnya? Ini memakai cara instal toner dari mesin fotocopy.

Caranya dari menu utama di layar fotocopy. Tekan *28*. Lalu tekan Functional <>Lalu tekan Instal <> Lalu tekan OK. Lakukan hal ini ketika merasa hasil fotocopyan mulai terlihat pudar atau tidak jelas.

Semua cara yang dilakukan  memperbaiki diatas sangat efektif untuk mengatasi dari terjadinya toner yang tidak mau turun ke developing, Atau masalah hasil fotocopy pudar, Atau juga masalah hasil fotocopy yang menjadi pudar.

Demikianlah artikel yang dapat saya bagikan kali ini tentang bagaimana caranya untuk mengatasi toner atau tinta mesin fotocopy tidak mau turun ke developing. Jika ada kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan, karena saya hanya berniat untuk berbagi saja.

Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan selebihnya saya ucapakan banyak-banyak terima kasih buat anda yang sudah berkunjung keblog saya ini yang selalu membahas tentang segala sesuatu yang ada atau terjadi pada mesin fotocopy ini.

Post a Comment for "Cara Untuk Mengatasi Toner Mesin Fotocopy Yang Tidak Mau Turun Pada Mesin iR6570"