Cara Untuk Mengatasi jika keluar Error E0010 dan Error E0012 pada mesin canaon iR


Salam jumpa lagi bersama saya di centralphotocopy yang sederhana ini dan pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sedikit pengalam tentang cara mengatasi keluarnya Error E0010 dan Error E0012 yang menimpa mesin fotocopy canon iR5000 yang saya alami dan saya juga paham dari sekian pembaca mungkin sudah pernah mengalami hal yang sama dengan yang saya alami.

Error yang satu ini memang akan membuat kita pusing pada saat kita sudah melakukan penggantian beberapa part namun hasilnya masih juga sama kode Error masih juga terus keluar, baik langsung saja ke pokok dari permasalahan yaitu mengatasi Error Error E0010 dan Error E0012 yang selalu keluar bergantian.
Untuk mengawali pembahasan dari Error E0010 dan Error E0012 ada baiknya jika kita pahami dulu apa yang menjadi sebab dari kerusakan yang satu ini pada karena pada intinya kerusakan ini berhubungan dengan motor utama penggerak drum dan motor penggerak utama, secara garis besarnya adalah Error E0010 dan Error E0012 ini timbul karena perputaran pada drum yang tidak sempurna entah itu karena seret atau malah tidak bisa berputar sama sekali.

Ada beberapa kasus yang saya alami ketika mengalami Error E0010 dan Error E0012, pernah waktu itu saya membongkar unit drum hanya berniat untuk membersihkan drumnya, namun setelah selesai drum saya pasang kembali , malah keluar Error E0010, setelah saya urutkan kembali ternyata ada baut utama yang berfungsi sebagai pengunci unit drum yang lupa belum saya pasangkan kembali, dapat dipastikan kalau drum tidak ikut berputar karena tidak ada yang mengunci antara drum dengan As yang memutarnya.

Cara untuk melakukan pengecekan adalah dengan cara memutar pada bagian drum dengan arah sejalan dengan drum apabila putarannya terasa berat cobalah buka kembali drumnya dan pastikan bahwa semua sudah pas terpasang pada posisinya dan tidak ada yang longgar ataupun goyang sebelum anda memasang kembali drumnya sebaiknya taburi dahulu dengan bedak bayi ratakan.

Setelah itu silahkan test putar kembali atau bisa juga dilakukan tes dengan cara mencopy beberapa lembar namun biasanya hasilnya akan sedikit blur atau malah hitam - hitam ini karna pengaruh dari bedak yang kita tabor di drum sebelumnya. Disini anda tidak perlu kwatir setelah melewati beberapa lembar kertas biasanya hasilnya juga akan normal kembali.

Sedangkan untuk masalah lainnya yang timbul dari Error E0010 dan Error E0012biasanya kerusakan masalah E000010-0002 ini yang disebabkan oleh kerusakan pada bagian motor drum pada mesin fotocopy yang sudah tidak bagus lagi. Bila anda semua mengalami Error semacam ini, maka wilayah yang patut untuk di exsplore atau di cek adalah pada area unit drum.

Keterangan Untuk Error E010 Pada Mesin Canon iR5000:
1.       Ketika sinyal pada motor penggerak utama (MMON) "1", maka motor utama akan mulai untuk berputar.
2.       Pada saat main motor ini sudah mulai berputar maka ini yang akhirnya akan menghasilkan sinyal clock pulses (MMFG).
3.       Kemudian Jika DC Control PCB mendeteksi apabila ada masalah pada sinyal clock pulses tersebut maka pada layar display mesin atau kontrol panel akan menunjukkan kode kesalahan yang terjadi atau akan muncul kode eror sesuai dengan kesalah yang terjadi pada mesin itu sendiri.

Penyebab Utama Terjadinya Error E0010 dan Error E0012 Pada Mesin Canon iR:
·          Kabel konektor Pada mesin fotocopy ada yang kendor
·          Motor utama (M2) pemutar drum tidak berputar atau rusak.
·          DC kontroler PCB tidak bekerja atau rusak.
·          Anti Rush PCB yang ada di belakang DC tidak bekerja atau rusak.

Cara Untuk Mengatasi jika keluar Error E0010 dan Error E0012 pada mesin canaon iR:
·          Periksa apakah konektor dari motor utama terhubung?
·          Pada saat menekan tombol Start, apakah ada tegangan antara 0 sampai sekitar 5 Volt pada DC kontroler PCB? Silahkan cek dengan multitester, J108-A6 (+) Dan J108-A8 (-)
·          Jika YA: Ganti motor penggerak utama (M2).
·          Jika tidak: Periksa kembali kabel mesinnya,
·          Jika normal: Coba Ganti PCB DC kontroler.

Untuk lebih detailnya dari penyebab terjadinya Error E0010 dan Error E0012 periksa juga beberapa bagian lain seperti yang ada dibawah ini:

·          Cek Waste toner feed screw
·          Cleaning assembly
·          Registration roller
·          Manual feed pickup assembly
·          Left deck feed roller 2
·          Developing assembly unit

Penting:
Apabila semua langkah yang saya tuliskan diatas sudah dilakukan semua namun Error E0010 dan Error E0012 masih juga belum teratasi ada baiknya anda mengganti kabel body unit mesin satu set karena dari beberapa kasus yang saya tangani secara langsung ternyata dengan mengganti kabel boy satu set masalah Error E0010 dan Error E0012 baru teratasi.

Dari beberapa pejelasan yang ada diatas dapat kita simpulkan bahwa  kerusakan pada mesin fotocopy yang mengeluarkan peringatan Error E0010 dan Error E0012 adalah disebabkan oleh masalah putaran motor yang ada pada mesin yang terlalu berat. 

Semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang mengalami Error Error E0010 dan Error E0012 dan juga dengan artikel ini masalah yang anda alami segera terselesaikan sekian sedikit ulasan dari saya dan selebihnya saya ucapkan banyak-banyak terimakasih.

0 Response to "Cara Untuk Mengatasi jika keluar Error E0010 dan Error E0012 pada mesin canaon iR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel