Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Hasil Fotocoy Yang Bergeser Pada Mesin Canon iR5000

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk memberikan sedikit pengalaman tentang cara mengatasi hasil fotocoy bergeser pada mesin fotocopy canon iR 6570/5000 dan juga mesin canon seri lainnya, Karena memang mesin canon iR5000 ini yang saya pakai sedikit banyak saya ada pengalaman dengan mesin seri ini.

Untuk mesin seri yang sekelasnya kurang lebih juga sama cara menyetingnya, apabila Hasil fotocopy bergeser ini bisa disebabkan oleh settingan program yang ada pada mesin mungkin masih kurang pas, bisa juga karena adanya part karet-karet pada mesin yang mulai haus atau habis  terutama karet pada bagian Regist,  Selain itu juga bisa disebabkan oleh setelan pada laci tempat menaruh kertas juga bisa menyebabkan hasil pada fotocopian bergeser.
Disini cara untuk mengatasi dari hasil fotocopy yang bergeser menurut dari pengalaman yang saya pernah lakukan adalah:
1.      Pertama-tama kita lakukan pembersihan terlebih dahulu pada unit-unit yang ada di dalam mesin terutama pada jalur-jalur yang sering dilewati oleh kertas.
2.      Bersihkan mulai dari laci tempat kertas ini yang paling wajib untuk kita bersihkan.
3.      Bersihkan Kaset, karet-karet vertikal, dan juga karet regist karena Biasanya karet-karet dan regist mudah sekali terkena debu dan kotoran.
4.      Bersihkan hingga bersih dengan menggunakan kain yang lembab supaya debu dan juga kotorang yang melekat pada karet juga bersih.
5.      Setelah selesai membersihkan semua coba kita tes lagi untuk fotocopy, apabila hasil masih juga bergeser atau terpotong maka langkah yang terakhir kita lanjut ke settingan pada programnya kemungkinan settingan pada programnya ada yang belum pas.

Cara untuk menyetting agar hasil tidak bergeser adalah dengan masuk ke menu service mode supaya kita dapat melakukan setingan pada mesin fotocopy seri canon iR 6570/5000 series caranya adalah sebagai berikut:

1.      Silahkan anda tekan *28* secra bersamaan sampai keluar tampilan menu pada layar mesin fotocopy.
2.      Kemudian anda pilih copier
3.      Lalu pilih Adjust
4.      Pilih ADJ-XY fungsi dari ADJ-XY adalah untuk menggeser hasil kiri dan kanan terus atas dan bawah.
5.      Kemudian ADJ-X dan ADJ-Y silahkan anda rubah nilainya dan tes untuk fotocopy. Rubah angkanya sapai menemukan nilai yang pas dan hasil tidak bergeser lagi.
Apabila yang mengalami geser pada bagian depan copian yang maka yang harus anda lakukan adalah dengan merubah nilai setingan program registnya dan caranya adalah.

1.      Masuk ke service mode seperti di atas
2.      Pilih menu Copier
3.      Kemudian pilih Adjust
4.      Pilih menu FEED-ADJ kemudian pilih REGIST.
5.      Silahkan rubah nilainya dengan cara di tambah atau dikurang kemudian tes untuk melakukan fotocopy sampai anda menemukan angka yang pas, Sambil anda perhatikan di situ ada batas nilai angka minimal dan maksimal dari setingan pada programnya.

Dengan melakukan kedua setting pada program di atas biasanya hasil fotocopy yang mengalami geser bisa diatasi, Jika masih tetap juga bergeser ada kemungkinan bahwa ada part pada mesin yang harus diganti dengan part yang baru, biasanya yang sering terjadi adalah karet Registnya yang sudah aus atau tua jadi kedudukan pada karet sudah tidak seimbang.

Langkah untuk mengatasinya adalah mengganti part regist dengan part yang baru mudah-mudahan hasil copian pada mesin fotocopy anda akan kembali normal, Atau bisa juga kemungkinan disebabkan oleh settingan pada laci utama tempat kertas yang bergeser, Bukalah laci tempat kertas yang bergeser lalu anda geser pada setelannya dengan menyesuaikan pada bagian mana yang mengalami pergeseran.

Demikian sedikit pengalaman dari saya untuk mengatasi dari hasil fotocopy yang bergeser di mesin iR5000 yang saya miliki, Jika anda masih ragu dan juga takut untuk mencoba dari apa yang saya tulis dan saya bagikan diatas saya sarankan anda untuk memanggil teknisi langganan anda karena Itu adalah jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada mesin fotocopy anda selebihnya saya ucapkan terimakasih.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Hasil Fotocoy Yang Bergeser Pada Mesin Canon iR5000"