Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Menghubungkan Mesin Fotocopy iR Canon Sebagai Scaner Ke Komputer

Salam jumpa kembali bersama saya di centralcopier pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang cara dan juga langkah - langkah menyimpan hasil scan dari mesin fotocopy ke komputer dengan menggunakan bantuan dari aplikasi adobe photoshop yang ada di komputer, pada dasarnya secara umum setelah kita melakukan penginstallan driver mesin fotocopy menu scanner akan ada dibagian photoshop dengan mengklik pada bagian menu file kemudian akan ada tampilan menu import yang mana akan terdapat pilihan beberapa media yang dapat digunakan sebagai Scanner.

Selain di gunakan untuk meduplikat dokumen, mesin fotocopy dapat di gunakan untuk menyalin dokumen berupa file gambar, yang nantinya akan di simpan di komputer anda.sebelum melakukan menscan dokumen anda harus mengkonfigurasi atau menyetting mesin fotocopy anda terlebih dahulu.
Sebelum menyetting mesin fotocopy, mesin fotocopy anda dan komputer anda harus satu jaringan, dengan kata lain cara ini biasanya sering dikantor-kantor yang menggunakan satu mesin fotocopy yang di guanakan bersama.

Panduan untuk melakukan penyimpanan hasil dari scan file dari mesin fotocopy ke komputer dengan menggunakan aplikasi photoshop akan coba saya lampirkan beberapa caranya.

Sebagian dari pengusaha fotocopy memang terkadang sudah menjadi kebutuhan akan scan ini bahkan sudah menjadi hal yang utama, selain bisa digunakan sebagai scan dokument fitur yang satu ini juga dapat digunakan sebagai scanner foto, kwalitas yang dihasilkan untuk mesin type canon yang sudah memiliki fitur scan berwarna juga tidak mengecewakan.

Sama halnya dengan scanner canon lide 110. resolusi file yang dihasilkanpun lebih lebih besar sehingga terhindar dari retak atau gambar pecah. Namun sebelum anda melakukan scan dengan menggunakan aplikasi photoshop sebaiknya terlebih dulu harus menyiapkan beberapa langkah dibawah ini :

Ada beberapa hal yang harus di sediakan dan dipastikan tersedia sebelum menghubungkan mesin fotocopy ke komputer, diantaranya :

1.      Mesin fotocopy harus memiliki fungsi scan.
2.      Mesin fotocopy memiliki Soket RJ 45, dimana nantinya dapat dicolokkan kabel LAN
3.      Siapkan Kabel jaringan/ kabel LAN.
4.      Sofware scangear
5.      Pastikan Komputer terInstall Software Photoshop dan Pdf.

langkah dibawah ini bisa anda terapkan pada mesin fotocopy dengan beberapa type diantaranya IR6570,5570,4570,5000 dan sejenisnya, dalam praktek ini saya menggunakan mesin type IR6570.

Langkah Menghubungkan Mesin Fotocopy Ke Komputer.
1.      Install terlebih dahulu program network scangear dan juga aplikasi Photoshop pada komputer
2.      Hidupkan mesin fotocopy kemudian tekan tombol scan yang ada pada layar monitor mesin, baru kemudian tekan tombol online.
3.      Colok kabel LAN ke soket RJ 45 pada mesin dan hubungkan ke komputer.
4.      Lakukan setting IP Adress dan Subnet mask di komputer dan di mesin fotocopy, langkahnya Bintang --> setting network-->TCP/IP Setting..
5.      IP adress secara umum menggunakan kode awal 192.168.000.000 jadi bisa anda masukkan sesuai dengan yang anda ingin seting contohnya jika dikomputer kita gunakan 192.168.0.25 maka di mesin fotocopy kita isi 192.168.0.10 jadi ada perbedaan angka di bagian belakang antara 25 dan 10.
6.      Lakukan test koneksi dimesin fotocopy dengan cara klik Command PING dan ping lah ip address sendiri dan juga ke komputer, jika "respon from host" berarti ok.
7.      Buka software scangear, jika semua setingan sudah benar terhubung antara mesin dengan computer maka akan secara otomatis ip di mesin fotocopy dan scan online,maka ip dari mesin fotocopy akan terbaca di software scangear. itu artinya semua sudah OK
8.      Saatnya untuk uji coba scan, buka software photoshop yang tadi sudah di install. klik File --> klik Import--> From scangear,  muncul menu scangear seperti biasa, tinggal klik scan, maka dokumen yang anda scan akan masuk ke layar Photoshop.
9.      Langkah selanjutnya adalah melakukan penyalinan scan dari mesin fotocopy ke komputer dengan menggunakan aplikasi photoshop.
10.  Langkah berikut ini dapat anda lakukan dengan cara membuka aplikasi photoshop yang sudah di install tadi:
11.  Ubah Menu tampilan pada Scan ubah Menjadi Online.
12.  Letakkan kertas yang akan discan pada mesin fotocopy
13.  Buka Aplikasi Photoshop
14.  Klik Menu File
15.  Lalu Pilih Import
16.  Klik program Scangear maka mesin akan secara otomatis melakukan scan pada dokumen yang telah kita taruh di kaca mesin fotocopy.

Sampai disini akan ditampilkan halaman scan gear, klik SCAN ganti lokasi kertas dan pada menu pilihan dropdown pilih platen, secara otomatis gambar akan tampil kedalam aplikasi photoshop.

Kesimpulannya, anda dapat melakukan pemindaian gambar dari mesin fotocopy ke komputer dengan mengaktifkan beberapa fitur dan juga aplikasi tambahan agar dapat berfungsi dengan baik. Apabila dalam tulisan yang saya buat ini masih terdapat banyak kekurangan sudi kiranya anda untuk bisa menambahkannya pada kolom komentar yang ada dibawah ini.

Semoga apa yang saya bagikan disini dapat menjadi refrensi dan juga solusi bagi anda yang sedang mencari cara menghubungkan mesin fotocopy dengan computer untuk di jadikan sebagai scanner dokumen.

Post a Comment for "Cara Untuk Menghubungkan Mesin Fotocopy iR Canon Sebagai Scaner Ke Komputer"