Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Mengatasi Masalah Error E302 Pada Mesin Fotocopy Canon iR 5000


Salam jumpa lagi, disini saya akan kembali untuk mencoba memberikan solusi dari pengalaman say atentang bagaimana caranya untuk mengatasi Error E302 yang terjadi pada mesin fotocopy dalam Beberapa masalah yang terjadi pada mesin fotocopy kadang ada yang sederhana tapi terkadang ada juga yang begitu rumit.

Seperti yang akan saya coba untuk membahas nya pada postingan kali ini tentang cara mengatasi kode Error E302, sebelum lebih jauh melangkah, Error yang satu ini terjadi pada mesin Canon iR 5000 dan mungkin saja bisa juga anda gunakan untuk mengatasi masalah Error E302 pada jenis atau seri mesin yang lain.
Penyebab Dari Keluarnya Error E302
·         Timbulnya kode Error E302 ini secara umum atau yang tertulis pada buku manual service adalah seperti pada hal dibawah ini:
·         Penyebab utamanya adalah CCD / AP PCB rusak. Kabel rusak (hubung singkat, rangkaian terbuka).
·         Pembaca kontroler PCB rusak.

Cara Deteksi
·         Kode Belakang 0001 Selama shading, pembaca pada kontroler PCB tidak berakhir shading pada 1 detik.
·         Kode Belakang 0002 Dalam pembacaan aliran, akumulasi tepi putih (pengolahan) tidak tidak berakhir setelah jangka waktu 10 detik.

Penyebab yang ada saya tuliskan diatas juga akan sangat susah untuk dimengerti, terutama bagi anda pengguna atau user, seorang yang sudah senior menjadi teknisipun juga akan meraba terlebih dahulu karena tidak adanya petunjuk yang pasti tentang apa dan dimana bagian yang menyebabkan dari timbulnya Error E302 ini.

Penyebab yang utama dari terjadinya kerusakan ini adalah karena tidak berfungsinya kabel flexibel yang menghubungkan antara unit CCD dengan unit Reader Control yang terdapat pada mesin tersebut.

Cara memperbaiki masalah Error E302 mesin fotocopy canon iR
cek pada bagian kebel fleksibel  dengan cara di cabut lalu dipasang kembali, yang dikhawatirkan kabel ini longgar. apabila dirasa kabel bermasalah misal robek atau terdapat hal yang mencurigakan baiknya ganti saja dengan yang baru. jika kondisi masih bagus anda bisa coba bersihkan bagian plat kuning yang terdapat pada ujung kabel menggunakan penghapus pensil.
Cek bagian Board Reader atau bisa di ganti sementara menggunakan jenis mesin yang sama.
Dua cara yang sudah kita bahas diatas merupakan yang paling sering dilakukan dalam penyelesaian masalah E302 pada mesin fotocopy canon IR, karna masalah ini biasanya tidak jauh dari kabel fleksibel, CCd dan board reader. 

Anda bisa melakukan perbaikan Error E302  sendiri dengan beberapa catatan anda harus hati - hati karena memerlukan dan juga memperhatikan keselamatan kerjaan dan juga mesin yang sedang anda benerin yang perlu anda hindari adalah memperbaiki mesin dalam keadaan hidup karena bisa menyebabkan konsleting pada mesin itu sendiri.

Dari penjelasan yang sudah kita bahas dan saya tuliskan diatas semoga dapat bermanfaat dan juga bisa memberikan solusi untuk anda yang sedang mengalami permasalahan pada mesin yang anda miliki dengan kode Error E302 yang terjadi pada mesin fotocopy canon iR yang anda miliki. Namun Apabila semua langkah yang saya tuliskan diatas anda sudah mengetahui penyebab dari keluarnya kode Error E302 kini saatnya anda harus bertindak untuk memperbaikinya sendiri.

Pertanyaannya Adalah Apakah dari part Kabel flexible ini bisa untuk di service?
Jawabannya adalah Sudah barang tentu kalau kabel flexible ini tidak bisa untuk di service, disini anda harus melakukan pergantian dengan kabel flexibel yang baru, sekkedar informasi saja kalau harga dari kabel flexibel ini juga cukup murah, namun yang susah adalah cara untuk membongkarnya yang memang sangat susah, sebagi pengingat saja apabila  anda merasa tidak bisa untuk mengatasinya lebih baik anda panggil saja teknisi yang sudah menjadi langganan untuk menangani mesin yang anda miliki.

Kemudian apakah kalau terjadi kerusakan pada kabel flexible ini akan selalu memunculkan keterangan Error E302 pada mesin fotocopy?
Disini saya juga akan sedikit meluruskan kalo terjadi keruskan pada kabel flexibel ini maka tidak hanya akan muncul kode Error E302 namun juga terkadang kerusakan yang terjadi pada kabel flexibel ini juga bisa menjadi penyebab dari timbulnya kode Error E225. Untuk bentuknya dari kabel flexibel yang menghubungkan antara CCD dengan Reader Control bentuknya pipih dan memerlukan tingkat kehati hatian yang sangat serius pada saat anda memasangnya.

Demikian kiranya apa yang bisa saya tuliskan pada kesempatan yang baik kali ini, semoga apa yang saya utarakan dan saya tuliskan diatas tentang Cara mengatasi terjadinya Error E302 semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang berbagi macam kejadian yang terjadi pada mesin fotocopy, sekian dan terima kasih. Apabila didalam penjelasan yang saya tuliskan diatas masih terdapat kekurangan dan anda bisa menambahkan penjelasannya dikolom komentar yang ada di blog ini.

Post a Comment for "Cara Untuk Mengatasi Masalah Error E302 Pada Mesin Fotocopy Canon iR 5000"