Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Mengatasi Error E 001-002-003 Pada Mesin Canon iR 6570 Series

Pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba membagikan pengalaman mmengenai Error 001-002-003 pada mesin iR 6570 penyebab terjadinya Error dan juga bagaimana bagaimana cara untuk mengatasi Error jenis ini seperti yang akan saya coba jelaskan di bawah ini:
Penyebab terjadinya ERROR atau kerusakan tersebut :

1.     Tegangan output dari PLN yang tidak sempurna, atau tegangan sering naik turun, tidak stabil
2.     Instalasi kabel, jenis kabel kurang baik atau tidak berkualitas, setiap kabel mempunyai kekuatan Ampere berbeda beda
3.     Komponen yang utama yaitu Main thermistor, Sub thermistor, thermofuse, sudah rusak aus atau kotor,
4.     Kerusakan ini terjadi pada elektronika DC controller ( system jumper. Red untuk tegangan 110/127 V, black untuk 220 V )
5.     AC drive rusak / open circuit
6.     Plat Shutter / kuningan didalam hot roll / upper bengkong, berkerak hitam ( bisa dibersihkan dengan braso )
7.     Upper / hot roll yang terlalu tebal, jadi menyebabkan penyaluran panas ke thermistor agak lama atau mengalami kelambatan pemanasan pada thermistor.
8.     Element heater utama sudah terbakar, itu bisa terlihat ada cairan yang keluar atau gosong seperti bekas kebakar / konslet

Penanganan darurat :

1.            Jika terjadi Error tersebut matikan mesin fotokopi / fotocopy
2.            Keluarkan unit 1 ( bagian pemanas unit ), nyalakan mesin fotocopy
3.            Lakukan langkah pemrograman ini dengan cara yang cepat sebelum mesin mati kembali, dengan program  clear  sebagai berikut..    *28* copier function clear err ok.    ( *28* >>  bintang dua delapan bintang << >> angka 28 ditekan bersamaan )

4.          Matikan mesinnya lalu kemudian nyalakan kembali mesin nya, setelah posisi loading selesai dengan sempurna, silahkan memasukkan kembali unit 1 pemanas, jika masih terjadi Error dipastikan karena ada kerusakan2x atau terjadi kesalahan yang telah disebutkan pada Penyebab keluarnya Error atau kerusakan diatas.

Penanganan terbaik :

1.        Konsultasikan dengan teknisi mekanik yang lebih berpengalaman
2.        lakukan penangganan dengan hati hati, dan pahami resiko yang terjadi jika penanganan kurang baik, dianjurkan konsultasi dan didampingi oleh orang yg lebih berpengalaman
3.        Lakukan penggantian terhadap komponen komponen yang telah disebutkan diatas

4.        Diusahakan penggantian dengan barang asli / original, untuk keawetan dan meminimalisir penggantian lagi

Pada Error 001 - 003 penyebab utamanya adalah terjadinya kerusakan pada bagian fixing unit. Dari berbagai pengalaman yang sudah saya alami, komponen yang menjadi penyebab Error 001 - 003 biasanya adalah thermistor, sub thermistor atau thermoswitch. Namun pada kasus tertentu tidak menutup komponen lain yang bermasalah. Bahkan untuk kasus serius hingga harus mengganti DC control karena bermasalah.

Untuk mengatasinya ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan, berikut penjelasannya :

1.  Clear Error

Langkah yang utama adalah kita coba terlebih daulu untuk melakukan clear Error. Para pembaca tentu sudah tahu caranya, yaitu dengan masuk ke *28* pilih COPIER pilih FUNCTION pilih ERR tekan OK. Restart mesin, mudah mudahan error hilang. Jika belum hilang lanjut ke langkah ke dua.

2. Bersihkan Terlebih Dahulu Thermistor Dan Sub Thermistor

Langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah dengan membongkar unit pemanas untuk membersihkan thermistor. Penyebab utama dari Error 001-003 bisa disebabkan dikarenakan thermistor yang sudah kotor. Setelah melepas unit pemanas dilepas, lalu kita juga harus melepaskan upper dari unit pemanasnya, lihatlah thermistornya kotor atau tidak. 

Bersihkan dengan hati-hati jangan sampai plastik penutup busa thermistornya sobek. Bersihkan juga bagian sub thermistornya Jika sudah bersih pasang kembali dan tes. Mudah-mudahan permasalahan selesai. Jika masih belum kelar lanjut ke langkah tiga.

3. Melakukan Penggantian Pada Thermistor


Jika semua langkah di atas sudah kita lakukan dengan benar dan error masih juga belum hilang, kemungkinan permasalah memang terjadi pada thermistor. Opsinya yang harus kita lakukan adalah dengan mengganti thermistor dengan yang baru atau jika kalian memiliki mesiin lebih dari satu dengan merek yang sama cobalah dahulu dengan thermistor mesin lain. Jika setelah diganti dengan thermistor mesin lain kemudian mesin bisa ready berarti memang thermistor yang bermasalah.


Dengan ketiga point di atas yang sudah saya bahas mudah-mudahan permasalahan pada Error 001-003 dapat teratasi, karena itu juga bagian dari pengalaman saya pribadi. Jika ternyata problem belum juga kelar, kemungkinan lain yang mengalami kerusakan adalah komponen pada bagian belakang mesin yang bermasalah, kemungkinan itu meniju ke elektronik DC Control yang bermasalah. 

Atau untuk lebih aman silahkan kalian hubungi teknisi yang lebih berpengalaman jika permasalahan masih berlanjut. Demikian sedikit ulasan tentang bagaimana caranya untuk mengatasi Error 001 pada mesin canon iR 6570 semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Untuk Mengatasi Error E 001-002-003 Pada Mesin Canon iR 6570 Series"