Cara untuk Memperbaiki Masalah Error E0246 Pada Mesin Fotocopy Canon IR5000 /IR6000


Salam jumpa lagi kali ini saya ingin membagikan tentang penyebab terjadinya Error E246 dan bagaimana cara untuk mengatasinya- ada beberapa kasus yang terjadi pada kode error ada yang mudah untuk diatasi, namun ada beberapa pula yang sulit diatasi, termasuk E246 yang menimpa mesin konsumen saya khususnya canon ir 5000, kenapa Error ini termasuk susah diatasi? karena Pada kejadian keluarnya Error ini melibatkan beberapa komponen yang cukup mahal harga, mari kita tengok terlebih dahulu sinopsis dari kerusakan ini.

Saya ambil dari beberapa pendapat diforum media bahwasannya kerusakan e0246 diakibatkan karena tidak cocoknya antara counter dengan serial number pada mesin namun argument diatas tidak cocok dengan kasus yang saya alami, dimana saya memiliki 2 main board, katakanlah MB 1 dan MB 2, saat ini yang terpasang adalah main board 1, mesin normal dan bekerja dengan baik, nah ketika saya mencoba untuk mengganti dengan main board 2 ( ceritanya mau ngetest kondisi main board 2 sehabis di service), ternyata main board 2 hasil servicenya tidak bagus, kemudian mesin saya ganti kembali dengan main board 1 ( main board awal), namun sangat mengagetkan karena tiba-tiba muncul error E246.
Permasalahan dari terjadinya Error pada mesin fotocopy memang tidak dapat diprediksi waktunya, oleh karnanya sebagai user anda harus selalu siap menghadapi segala sesuatu yang akan terjadi pada saat mesin yang terus beroprasi.

Seperti biasanya permasalahan dari keluarnya Error yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini cara mengatasi masalah E246 Fotocopy Canon IR5000 /IR6000 yang mana Error ini lebih lengkapnya E245, E247, E354, E355, E350 error E246 ini sangat erat kaitannya dengan yang saya tuliskan diatas. Jadi apabila mesin mengalami masalah dengan mengeluarkan tanda Error E246 dan kawan - kawannya bisa jadi solusinya hampir sama saja langkah - langkah mengatasi E245, E247, E354, E355, E350.

Seperti yang sedah kita ketahui dalam melakukan perbaikan pada mesin fotocopy memang tidak mudah karna terkadang kita memerlukan analisa yang tepat dalam penyelesaian Error mesin fotocopy. Setiap terjadi Error pada mesin fotocopy pasti memiliki penjelasan dan juga cara penyelesaian yang berbeda - beda namun untuk Error diatas ini saya sebut Error satu paket. karna dari beberapa Error diatas terkadang bisa diselesaikan dengan cara dan langkah yang hampir sama saja.

Cara Mengatasi E0246 Fotocopy Canon IR
Masalah Error sendiri biasanya akan kita dijumpai pada mesin yang umumnya memiliki pemakaian high copy volume atau jumlah pemakaian copy tinggi. yang mana terkadang masalah Error yang ditimbulkan membuat teknisi sendiri bingung menghadapinya atau Error yang jarang terjadi pada kondisi mesin pada umumnya.

Dalam melakukan service mesin fotocopy memang harus memiliki ketelitian dan juga pastinya pengalaman yang mumpuni apalagi masalah yang dihadapi pada mesin fotocopy terbilang masalah berat sudah pasti masalah ini tidak dapat diselesaikan sendiri.

Masalah dilapangan berdasarkan pengalaman banyak sekali error atau troble mesin fotocopy yang tidak ada didalam buku manual service sehingga dalam hal ini jaringan atau hubungan sesama user serta pengalaman kawan - kawan pengusaha fotocopy lainnya adalah sebagai kunci dalam menyelesaikan masalah yang tidak ada di dalam service manual tersebut.

Masalah E246 kebetulan dialami oleh rekan sesama pengusaha fotocopy yang berdekatan dengan toko saya berbekal pengalaman saya dipanggil dan memberanikan diri memberikan solusi dan perbaikan yang tepat untuk mengatasi masalah error E246 pada mesin fotocopy canon IR5000. saya mulai menganalisa beberapa masalah dan memang dari pengalaman yang sudah - sudah error E246 adalah disebabkan oleh peran bagian conter mesin yang sudah terkendala.

Perbaikan ini sedah saya coba dengan mengganti beberapa part yang berkaitan mulai dari Main controller (MC)  Pcb, DC Controller, harddisk, counter pcb, MC pcb dan serial number pcb hasilnya malah semakin parah karna error yang ditampilkan berubah - ubah. usut demi usut setelah saya analisa kembali ternyata apabila ingin menukar salah satu pcb pada area main controler (soft counter pcb, serial number pcb dan MC pcb )

Usahakan dan juga pastikan nomor seri dari ketiga bagian pcb tersebut 4 angka bagian depan harus sama apabila seri ini berbeda maka akan menimbulkan salah satu error E245 E246 E247 E354 E355 E350.

Tidak sampai disitu, analisa lainnya selain dari ketidak cocokan antara counter dengan serial number mesin. berdasarkan beberapa sumber menyebutkan masalah mainboard juga berpengaruh dan dapat menimbulkan masalah E246, artinya dalam menangani kasus masalah error E246 anda harus melihat dan menganalisa kerusakan yang ada.

Terkadang masalah error pada mesin fotocopy dapat diselesaikan bukan dari panduan buku service manual melainkan beberapa pengalaman juga dapat menjadi patokan. apabila anda memiliki pengalaman mengenai perbaikan masalah E246 silakan tambahkan dikolom komentar, semoga apa yang saya tulis dan bagikan ini memberikan manfaat dan juga solusi untuk anda yang sedang mengalami masalah E0246 pada mesin fotocopy canon IR. Jangan lupa like dan bagikan.

Penyebab Error E246
Nah dari kasus yang saya alami diatas, ternyata bisa hilang dengan mengganti main board yang bagus, menurut saya pribadi penyebab error e246 ini karena kerusakan pada sisi main board.

Kesimpulan
Nah bagi saya sendiri cara untuk mengatasi jika terjadi Error E0246 ini harus kita lihat dan dilakuakan analisa terlebih dahulu awal mula kondisi mesin sebelum Error muncul, jika pada awalnya counter sudah anda gonta ganti, mungkin saja counterlah yang menjadi penyebabnya.

Namun saya rasa rekan semua juga sudah memiliki pengalaman dan cara untuk melakukan perbaikan yang berbeda dari apa yang saya utarakan diatas, ada baiknya anda tambahkan tentang pengalaman mengatasi Error E0246 ini supaya bermanfaat bagi teman diluar sana, akhir kata saya ucapkan terima kasih.

0 Response to "Cara untuk Memperbaiki Masalah Error E0246 Pada Mesin Fotocopy Canon IR5000 /IR6000"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel