Cara Mengatasi Error E061_001/002 Pada Mesin Foto Copi Canon iR5000/6570

Disini saya ingin sedikit berbagi mengenai mesin photocopy yang mengalami Error E061_001/002 jika kita memiliki buku panduan serivis manualnya, disana sudah dijelaskan bahwa kerusakan terjadi karena sensor data yang ada pada drum membaca nilai yang tidak sesuai dengan nilai normal tegangan permukaan / surface drum.

Artinya, untuk mengatasinya langsung saja cek corona charge atau lebih popular dengan sebutan wayer atas. Error 061 ini biasanya akan terjadi karna setelan corona atau wire yang terlalu dekat dengan unit drum. atau bisa juga saat kita memasang corona chargenya kurang menancap pada soketnya dengan pas. pengalaman saya selama ini, saat terjadi Error 061_001, langsung aja ganti corona charge, setel agak ke atas dan pasang dengan benar maka error hilang.


Sedikit berbagi solusi untuk mengatasi trouble misteri " Error 061" trouble Error 061 perlu di klasifikasikan dengan beberapa model(tentunya po-cont default factory set ke angka 1/po 1).


1.      Jika mesin foto copi mengalami Error E061 terjadi tiap pagi hari itu kemungkinan besar heater drum abnormal(untuk seri iR6570 warming up mesin akan lebih cepat sedangkan drum untuk bisa maksimal "Hangat" hanya membutuhkan 5-10 menitan

2.      Error 061 kluar ketika automaic detecting/muter lama kemungkinan pcb potensial drum jika muternya terlalu lama trus Error 061 kemungkinan poligon kotor atau pcb mata laser abnormal

3.      Error 061 muncul ketika proses copy puluhan atau ratusan lembar ini kemungkinan primary dan transfer corona terlalu dekat dengan drum atau mengalami kebocor jadi mengalami konslet pada drum, bisa juga karena block primary dan transfer yang mengalami kebocoran atau HVT yang sudah lemah juga bisa mengakibatkan Error 061.


4.      Jika Error 061 muncul tidak beraturan/kadang2 di iringi hasil makin pucet/menyusut. itu artinya hvt bermasalah contact mulai potensio-pcb po cont-dc cntrol-laser ad yg kurang bagus semprot dengan contact cleaner semuanya atau beberapa kasus kabel body di cuci kembali normal

5.      Harus lakukan factory reset atau minimal clear error+dc tiap oprek perbagian agar detecting ulang.sekian


Cara Memperbaiki Atau Mengatasi Error 061


Apabila saya mengalami masalah pada mesin yang saya gunakan seperti Error 061, maka saya lakukan sesuai dengan anjuran dari para master-master yang saya kenal dan saya berusaha untuk membongkar primary chargernya kemudian saya bersihkan dan saya stel baut warna putih agar tidak terlalu kebawah, alias stelan saya keataskan  menjauhi daripada permukaan drum, selesai semua kemudian saya pasang kembali, namun masih muncul Error 061, berarti bukan primary yang bermasalah.


Kemudian saya juga mencoba solusi kedua yaitu membuka sensor open close door, switch yang satu ini untuk buka tutup yang ada disamping, saya coba untuk membongkar lalu saya bersihin di bagian sensornya, ketika semua sudah selesai saya bersihkan kemudian pasang kembali, jika tidak membuahkan hasil juga artinya masih mengalami Error yang sama.


Coba bongkar switch yang ada dibelakang unit 1 mungkin ada salah atau terbalik, saya tidak tau apa nama switch nya, saya coba bongkar dan ternyata benar, switchnya terbalik cara memasannya, langsung saja bongkar dan dibalik saja, selesai semua siap untuk di test dan ternyata mesin bisa normal kembali.


Solusi terakhir mengatasi Error 061


Jika kedua hal diatas sudah dilakukan namun masih saja muncul errornya, maka langkah terakhir yang saya tawarkan adalah mengganti HVT, sudah sering saya menemui Error E061 pada mesin canon iR 5000/iR 6570 yang akhirnya selesai dengan mengganti hvt, saat memutuskan mengganti hvt, coba anda ganti angka pada PO CONT, jika dirubah ke angka 0 atau 1 malah E061, atau malah hasilnya polos, maka dapat saya pastikan bahwa harus mengganti hvt agar Error E061 ini dapat hilang.


Cara Mengatur Hasil Foto Copian Pada Mesin Canon Image Runner Agar hasilnya Hitam Pekat


Cara yang akan saya bagikan ini juga aman, karena cara ini adalah cara yang sebagian besar para operator maupun teknisi mesin foto copy lakukan, jika hasil cetakan pada mesin foto copy Canon anda kurang jelas atau hasilnya buram. Tentu dengan melakukan cara ini maka Anda akan mengirit pengeluaran uang Anda, karena Anda tidak memanggil teknisi langganan Anda untuk memperbaikinya. Adapun langkah-langkahnya yang harus anda lakukan untuk menghitamkan atau memaksimalkan hasil fotocopian pada mesin foto copy Canon adalah sebagai berikut.


 1.      Tekan *28* harus diingat Saat menekan angkan 2 dan 8 harus di tekan secara bersamaan, agar bisa terproses masuk service mode.

2.      Tekan Copier kemudian Adjust

3.      Lalu Develop

4.      Setelah itu nilai pada HVT-DE Anda ganti, misalnya -20 dan pada D-HV-DE Anda ganti dengan -15

5.      Kemudian tekan OK

6.      lalu Reset dan Reset Lagi
7.      Selesai Silakan cek hasil kembali

Jika sudah melakukan langkah diatas tapi Hasilnya masih saja kurang maksimal, maka Anda bisa menambah nilai HVT-DE dengan -40 dan untuk D-HV-DE Anda bisa ganti dengan -30. Jika hasilnya masih tetap saja kurang jelas, berarti Corona transfer mesin foto copy Anda perlu dibersihkan, Anda boleh membersihkan korona atas dan bawah. Namun, jika Anda masih belum begitu paham mesin, maka silahkan panggil teknisi langganan Anda.

0 Response to "Cara Mengatasi Error E061_001/002 Pada Mesin Foto Copi Canon iR5000/6570"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel