Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Mengatasi MesinFotocopy Canon iR Yang Mengalami Error E020


Salam jumpa kembali, pada kesempatan yang baik ini saya ingin mencoba untuk memberikan sedikit tips tentang bagaimana Cara untuk Mengatasi Error E020 Pada MesinFotocopy Canon iR. Jika mesin fotocopy anda sedang mengalami masalah atau keluar kode Error E020, Error yang satu ini disebabkan karena tidak ada pasokan toner / tinta yang masuk pada area devloping.


Awal dari keluarnya masalah Error E020 ini adalah karena aliran toner yang tidak bekerja secara sempurna dalam memproses pengisian toner sampai ke devloping. masalah ini saya pernah alami saat toko tutup cukup lama sebelum nya mesin baik - baik saja tanpa ada kendala sedikitpun setelah libur panjang selesai mesin dicoba dihidupkan dan yang terjadi justru muncul E000020 pada mesin fotocopy yang baru saya hidupkan.

Kemudian Saya mulai mencari solusi dan apa yang menjadi penyebab mesin canon iR milik saya sampai terkena penyakit E000020, dan pada akhirnya kondisi ini saya pun menemukan penyebabnya yaitu karna adanya toner pada developer yang mengeras dan menjadikan jalannya toner tidak lancar untuk menyuplai drum mesin fotocopy. namun selain masalah di atas perlu sobat ketahui E000020 bisa ditimbulkan oleh beberapa faktor diantaranya :


1.Gear Motor Hopper Pecah.

Hopper adalah part atau tempat yang menampung tonner, hopper akan mengalirkan toner ke Developer melalui putaran gear hopper yang diputar oleh motor, apabila bagian gear hopper patah atau rusak maka yang terjadi adalah aliran toner akan terhenti jadi tidak masuk ke dalam depelop dan akan mengendap di dalam hopper dan mengeras.


2.Sensor Toner Rusak

Sensor juga bisa menjadi penyebab dari Error karna pada bagian ini juga berfungsi sebagai penggerak untuk motor tonner, beberapa sensor yang dapat mempengaruhi masuknya tonner adalah sensor hopper dan juga sensor develope yang ada pada bagian developer sehingga toner tidak akan terdeteksi dan tidak dapat untuk mengalir toner dengan baik.


3.DC Control Rusak

Error E020 terkadang juga terjadi karena disebabkan oleh DC control yang sudah mengalami  kerusakan. namun untuk yang satu ini sebaik jangan langsung menggantinya sebelum sobat benar - benar mengetahui rusaknya pada bagian DC control ini.


Lalu bagaimana cara memperbaiki permasalahan seperti di atas? berikut ini adalah beberapa tips yang dapat saya berikan untuk Anda tentang bagaimana caranya mengatasi kode kerusakan error E020 pada mesin fotocopy seri canon.

Berikut ini adalah Cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi Error E020 pada mesin Fotocopy Canon iR yang anda miliki:


1.Kuras Hopper

Lepaskan hopper dan bersihkan tonernya sambil sobat perhatiakan apabila ada part yang patah atau rusak sobat bisa mengganti atau memperbaikinya.


2.Kuras develope

Menguras develope sama artinya sobat menggantinya dengan tonner baru, dimana terkadang hal ini harus dilakukan karna tonner di dalam develope mengeras yang menyebabkan pengaduk tonner di dalam develope tidak dapat bekerja dengan baik.


3. Cek kabel kabel konektor yang berhubungan dengan Hopper

Cara ini juga bisa dilakukan karna bisa jadi bagian - bagian kabel yang terhubung ke bagian hopper kotor tertutup debu toner cara untuk memperbaikinya anda cukup membersihkannya menggunakan kain atau kuas cat sampai bersih.


4. Selalu gunakan toner dengan kualitas bagus

Ini juga akan berpengaruh pada hasil fotocopy kwalitas toner yang bagus akan memberikan hasil yang hitam selain itu toner bagus juga memberikan dampak pada bagian drum lebih panjang umur.


Demikian sedikit tips tentang cara memperbaiki Error E020 Pada Mesin Fotocopy Canon IR semoga dengan membaca artikel ini memberikan wawasan baru untuk sobat apabila bermanfaat jangan lupa bagikan. terimakasih

Post a Comment for "Cara Untuk Mengatasi MesinFotocopy Canon iR Yang Mengalami Error E020 "