Cara Untuk Mengatasi Error E0010 Yang Terjadi Pada Mesin Fotocopy Canon iR


Salam jumpa lagi bersama saya di centralcopier kali ini saya ingin membagikan sedikit pengalam tentang bagaimana caranya untuk mengatasi Error E0010 Saya paham dari sekian pembaca mungkin  banyak dari anda disini yang sudah paham betul dengan Error yang satu ini, apabila dalam saya menuliskan solusinya ada suatu kesalahan atau kekurangan ada baiknya kita bahas di kolom komentar biar kita semua makin paham, baik langsung saja ke pokok permasalahan.

Untuk mengawali pembahasan dari Error E010 baiknya kita pahami dulu apa yang menjadi sebab dari kerusakan ini yang pada intinya kerusakan ini berhubungan dengan motor utama penggerak drum, secara garis besarnya adalah Error ini timbul karena perputaran drum yang tidak sempurna entah dia seret atau tidak berputar sama sekali.
Ada beberapa kasus yang saya alami ketika mengalami Error E010, pernah suatu ketika saya membongkar drum dengan niat ingin membersihkan, namun setelah selesai drum saya pasang kembali ,lahh malah timbul E010 ini, setelah diselidiki, ternyata disebabkan baut utama pengunci drum lupa blm saya pasangkan kembali, dapat dipastikan drum tidak ikut berputar karena tidak ada yang mengikat antara drum dengan As pemutarnya.

Cara menganalisa masalah E000010-0002 sendiri sebetulnya cukup mudah, karna masalah ini terdapat dua kemungkinan yang terjadi meskipun masalahnya masih di area drum mesin fotocopy itu sendiri.

Cara melakukan pengecekannya dengan memutar bagian drum dengan arah sejalan dengan drum apabila dirasa putarannya berat coba buka drum dan pastikan semua sudah pas terpasang tidak ada yang longgar atau goyang. dan sebelum memasang kembali taburi drum dengan bedak bayi yang berwarna putih, ratakan dan jangan terlalu banyak.

Lalu putar kembali jika memungkinkan bisa dilakukan tes dengan mencopy beberapa lembar biasanya hasilnya akan sedikit blur atau hitam - hitam ini karna pengaruh bedak yang kita taburi sebelumnya. namun jangan kwatir setelah melewati beberapa lembar kertas biasanya akan normal kembali.

Sedangkan untuk masalah lainnya yang timbul dari Error E010 biasanya kerusakan masalah E000010-0002 ini yang disebabkan oleh kerusakan bagian motor drum pada mesin fotocopy. yang mana kinerja motor sudah tidak maksimal sehingga tidak mampu untuk memutar bagian drum mesin fotocopy yang menyebabkan mesin langsung mengeluarkan pesan indikator kerusakan dengan kode E000010-0002. Bila anda semua mengalami error semacam ini, maka wilayah yang patut di exsplore atau di cek adalah area drum.

Keterangan Error E010 IR5000:
   1.      Ketika sinyal motor penggerak utama (MMON) "1", maka motor utama mulai berputar.
   2.      Pada saat main motor mulai berputar maka akan menghasilkan sinyal clock pulses (MMFG).
   3.      Kemudian Jika DC Control PCB mendeteksi apabila ada masalah pada sinyal clock pulses tersebut maka pada layar display mesin atau kontrol panel akan menunjukkan kode kesalahan yang terjadi atau akan muncul kode eror sesuai dengan kesalah yang terjadi pada mesin itu sendiri.

Penyebab Yang Utama Dari Terjadinya Error E010 Pada Mesin Canon iR:
·          Kabel konektor Pada mesin fotocopy ada yang kendor
·          Motor utama (M2) pemutar drum tidak berputar atau rusak.
·          DC kontroler PCB tidak bekerja atau rusak.

Cara Untuk Mengatasi jika keluar Error E010 pada mesin canaon iR:
·        Periksa apakah konektor dari motor utama terhubung?
·        Pada saat menekan tombol Start, apakah ada tegangan antara 0 sampai sekitar 5 Volt pada DC kontroler PCB? Silahkan cek dengan multitester, J108-A6 (+) Dan J108-A8 (-)
·        Jika YA: Ganti motor penggerak utama (M2).
·        Jika tidak: Periksa kembali kabel mesinnya,
·        Jika normal: Coba Ganti PCB DC kontroler.

Untuk lebih detailnya dari Error E010 periksa juga beberapa bagian lain dibawah ini:
·        Cek Waste toner feed screw
·        Cleaning assembly
·        Registration roller
·        Manual feed pickup assembly
·        Left deck feed roller 2
·        Developing assembly unit

Dari pejelasan diatas dapat disimpulkan kerusakan mesin fotocopy yang mengeluarkan indikator E000010-0002 adalah masalah putaran mesin yang berat. semoga dari apa yang saya jelaskan diatas memberikan pengetahui baru dan juga memberikan solusi bagi anda yang mengalami mesin error E000010-0002. semoga bermanfaat jangan lupa share.

0 Response to "Cara Untuk Mengatasi Error E0010 Yang Terjadi Pada Mesin Fotocopy Canon iR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel