Cara Untuk Mengatasi Terjadinya Error E202 Pada Mesin Fotocopy Canon iR


Mesin fotocopy adalah suatu alat yang sangat dibutuhkan di dunia ini terutama di dunia kerja. Maka tak heran lagi kalau sekarang sudah banyak di kantor banyak yang memakai mesin fotocopy sebagai kebutuhannya sebagai pengganda dokumennya. Tetapi walaupun mesin fotocopy sudah menjadi salah satu alat yang sangat dibutuhkan dimanusia bukan berarti mesin ini tidak mempunyai kekurangan seperti halnya error.

Salah satu dari masalah Error yang terjadi pada mesin fotocopy terutama pada merk Canon adalah E202. Masalah ini sangat banyak ditemui dan banyak orang yang panik karena masalah ini karena tidak dapat memperbaikinya. Karena itu dalam kesempatan kali ini kami akan membahas apa itu error E202 dan bagaimana cara memperbaikinya.
Apa Sebenarnya Error E202 Itu
Sensor pemindai HP (PS39) rusak. Motor pemindai (M3) rusak. Pembaca kontroler PCB faulty.Mode Deteksi: 0001 Sensor pemindai HP tidak mematikan bahkan ketika pemindai telah dipindahkan 40 mm maju setelah saklar daya utama telah diaktifkan atau tombol Start telah prossed.0002 saat Pemindai pada Sensor HP tidak merespons atau tidak menyala bahkan ketika pemindai telah dipindahkan 450 mm kode reverse.Caution Tidak diindikasikan, dan tombol terkunci. 

Kode tersebut dapat dihilangkan dengan cara melakukan reset dengan cara melakukan clear pada mesin  (COPIER> DISPLAY> CLEAR >ERR - OK).

Penyebab Utama dari munculnya kode Error E202 yang terjadi pada Mesin fotocopy canon iR adalah.

Permasalahan mesin fotocopy yang mengalami kendala E202 ini dapat disebabkan oleh beberapa hal yang berkaitan dengan masalah scanner dan juga ADF diantaranya :

1.      Signal Scanner Home Position (SCHP) yang tidak dihasilkan dalam waktu 10 detik setelah tombol power switch di hidupkan atau -ON-kan.
2.      Scanner Motor (M3) mesin fotocopy rusak
3.      Scanner home position sensor (PS1) rusak
4.      DC controller PCB bermasalah / rusak
5.      Penjepit belt kendor / timing belt tidak berjalan dengan baik
6.      Motor scanner adf tidak berfungsi
7.      Kabel motor scanner adf / flexible putus atau rusak
8.      Bersihkan kaca yang ada didalam adf

Cara Memperbaiki Masalah E202 Mesin Fotocopy Canon iR

Untuk memperbiki masalah E202 mesin fotocopy canon langkah awal anda harus melakukan pengecekan pada area scanner apakah terjadi hambatan atau tidak, jika proses ini berjalan lancar artinya motor scanner (M3) dalam kondisi baik, selain itu jika scanner tidak ada reaksi atau diam saja ketika melakukan proses copy artinya anda harus melakukan pemeriksaan pada bagian motor scanner (M3) jika kondisinya rusak maka solusinya tentu harus diganti.

Selanjutnya lakukan pemeriksaan pada kondisi scanner motor drive PCB biasanya permasalahan dikarnakan ada sirkuit solder yang kurang baik atau konektor longgar.

Selanjutnya adalah lakukan pemeriksaan pada bagian kabel dan juga konektor dari DC controller PCB yang menuju ke motor scanner bisa kemungkinan E202 disebabkan oleh kabel yang rusak. dari beberapa tahapan diatas apabila sudah dilakukan namun belum membuahkan hasil selanjutnya adalah cek bagian DC controller PCB nah solusinya tentu dengan mengganti bagian DC controller PCB mesin fotocopy tersebut.

Namun sebelum semua itu dilakukan dengan melakukan pembongkaran tahap utama dalam perbaikan yang harus kita lakukan pada masalah Error E202 coba lakukan hal termudah terlebih dahulu salah satunya adalah dengan membersihkan bagian kaca yang ada didalam adf, karna biasanya apabila kaca ini kotor baik disebabkan oleh debu ataupun kotoran yang menempel secara otomatis mesin akan mengeluarkan indikator E202.

Perbaikan pada masalah Error E202 selain yang sudah saya jelaskan di atas tadi anda juga bisa lakukan perbaikan dan pengecekan berdasarkan yang sudah saya tulis penyebab masin fotocopy E202. mulailah perbaiki dari termudah terlebih dahulu, apabila dirasa kasus tidak dapat ditangani sendiri baiknya panggil teknisi langganan anda untuk menyelesaikan permasalahan E202.

Kesimpulannya adalah masalah E202 merupakan masalah yang terjadi pada bagian atas mesin terutama ADF mesin fotocopy. artinya dalam melakukan perbaikan anda hanya cukup fokus pada area ini saja. 

Dari penjelasan ini semoga memberikan solusi perbaikan kepada mesin anda yang mengalami masalah E202, semoga artikel ini dapat menjadi refrensi terbaik untuk anda. apabila ada tambahan seputar perbaikan dan cara menyelesaikan masalah E202 silakan tinggalkan komentar dibawah.

0 Response to "Cara Untuk Mengatasi Terjadinya Error E202 Pada Mesin Fotocopy Canon iR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel