Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Loading Atau Waiiiit Separo Canon iR5000/6000

Salam jumpa lagi sobat Central dimanapun anda semua berada, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membagikan sedikit pengetahuan tentang Cara Mengatasi Mesin Fotocopy yang mengalami Loading Atau Waiiiit Separo Terus - Menerus yang terjadi Pada Mesin fotocopy Canon iR5000 atau 6000 yang mungkin anda semua belum mengetahui penyebab dan juga cara untuk mengatasinya.

Setelah anda mengetahui dari apa saja yang menjadi penyebab dari terjadinya mesin fotocopy yang loading terus-menerus gak mau menampilkan menu seperti biasanya, Anda juga harus mengetahui bagian-bagian mana aja yang bisa menjadi penyebabnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya.


Beberapa Hal Yang Bisa Menjadi Penyebab dari Terjadinya masalah Loading Terus-Menerus tidak mau keluar menu Pada Mesin Fotocopy

Mesin fotocopy yang sedang mengalami masalah atau kerusakan dengan Pesan loading terus-menerus pada layar monitornya mesinnya ini tentu bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab dari kerusakan tersebut, Pada umumnya yang menjadi penyebab utama dari kondisi wait separo ini adalah keadaan Memori RAM yang sudah kotor oleh debu yang menempel, Jadi pada saat keadaan unit RAM ini kotor maka ini bisa juga menjadi penyebab mesin fotocopy tidak bisa berfungsi dengan normal sempurna sebagai mana mestinya.

Selain dari part Memori atau RAM yang memang sudah kotor, ada juga beberapa yang bisa jadi penyebab lain yang kemudian membuat mesin fotocopy mengalami kondisi wait atau loding terus-menerus pada saat ada kerusakan yang terjadi pada bagian flash DIIM atau DIIM ROM , bisa juga dari harddisk mesin, unit pemanas juga bisa dan thermistor juga bisa terutama dari perangkat sub thermistor pada mesin fotocopy tersebut.

Silahkan anda simak dengan baik dari sedikit penjelasan tentang bagaimana Caranya untuk Mengatasi Mesin Fotocopy yang mengalami kerusakan Loading Atau Waiiiit hanya Separo Pada Mesin Canon iR5000 atau iR6000 seperti yang akan saya coba tuliskan di bawah ini dan simak baik-baik langkah demi langkahnya.

1.      RAM

Ini adalah tahap atau Langkah pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan cara melakukan pengecekan pada saat mesin fotocopy anda sedang mengalami kondisi loading atau wait terus-menerus adalah pada bagian part Memori RAM yang terdapat pada part Mainboard. Coba anda lepaskan terlebih dahulu bagian Memori RAM dari mesin fotocopy Anda yang sedang mengalami loading atau wait terus-menerus.

Baru kemudian silahkan anda bersihkan pada bagian yang berwarna kuning yang terdapat pada unit RAM tersebut dengan menggunakan kain yang bersih atau bisa juga dengan menggunakan penghapus pensil. Lakukan langkah ini secara perlahan-lahan karena ini perlu kehati-hatian sampai menurut Anda bagian tersebut sudah benar-benar bersih. Setelah anda sudah selasai membersihkan Ram tersebut, silahkan anda pasang kembali bagian memori RAM tersebut ke dalam unit mesin fotocopy seperti semula pada saat anda mencabutnya tadi.

2.      DIIM ROM / Flash Diim

Setelah membersihkan RAM, coba Anda ambil bagian DIIM ROM / Flash Diim dari mesin fotocopy. Apabila pada part yang satu ini anda rasa masih bagus dan dalam keadaan normal juga baik-baik saja, Anda bisa cukup dengan membersihkannya saja seperti pada saat anda membersihkan Memori RAM. Apabila kondisi part yang satu ini sudah terlihat dari fisik tidak bagus lagi, langkah yang terbaik adalah melakukan penggantian DIIM ROM atau Flash Diim nya.

3.      Harddisk Mesin

Langkah berikutnya yang bisa andacek adalah pada part Harddisk karena part Harddisk ini juga menjadi bagian yang paling penting dari unit mesin fotocopy. Part harddisk ini juga memiliki factor yang sangat penting dan berpengaruh dari terjadinya wait atau loding terus menerus, jadi pada saat mesin fotocopy ini mengalami kerusakan maka secara otomatis data yang sudah tersimpan di dalam harddisk tersebut juga bisa hilang dan pada akhirnya menyebabkan dari terjadinya Error pada mesin fotocopy.

Jadi apabila part yang satu ini sudah dirasa ada mengalami kerusakan, maka ini juga harus segera dilakukan penggantian dengan part harddisk yang baru supaya mesin fotocopy ini bisa untuk digunakan kembali seperti semula.

4.      Unit Mainboard

Berikutnya adalah dengan cara mencoba melakukan penggantian pada unit mainboard yang terdapat pada mesin yang sedang mengalami masalah dengan unit mainboard pada mesin lain yang masih normal ini dilakukan untuk memastikan apakah unit mainboardnya ini dalam keadaan yang baik atau mengalami sudah mengalami kerusakan setelah pasti bahwa kerusakan terjadi pada mainboard maka ganti unit mainboardnya dengan yang baru.

5.      Cek Unit Fixing Atau Pemanas


Berikutnya adalah dengan cara mencoba melakukan pengecekan pada bagian unit satu atau unit pemanas, kerusakan yang terjadi pada bagian unit pemenas juga bisa menyebabkan mesin sulit untuk ready seperti biasanya dan akan terus menampilkan pesan error loading secara terus menerus.

 

6.      Cek bagian  Thermistor Dan Sub Thermistor


Bagian yang satu ini terdapat pada area unit pemanas, apabila part yang satu ini kondisinya sudah terlihat kotor anda juga bisa untuk membersihkannya dengan menggunakan braso atau alkohol kemudian anda keringkan terlebih dahulu sebelum part ini dipasang kembali.

Jadi untuk bisa mengetahui apa yang menjadi penyebab dari kondisi pesan loading secara terus menerus ini, sebaiknya anda cari tahu terlebih dahulu apa yang bisa menjadi penyebabnya apakah memang ada part yang sudah tidak beres lagi dari bagian-bagian yang tersebut di atas.

Semoga dengan adanya artikel yang saya bagikan kali ini bisa mengatasi permaslahan yang sedang anda alami semoga bermanfaat buat kita semua yang memiliki usaha dibidang fotocopy dan juga dapat menambah wawasan kita dari berbagai macam persoalan yang terjadi pada mesin fotocopy baik dalam mengatasi masalah Error yang sewaktu-waktu dapat anda alami.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti blog ini agar tidak ketinggalan informasi terbaru dan selalu dapat update terbaru yang memang dapat bermaanfaat buat anda yang mesin fotocopy sedang mengalami masalah Error yang mungkin belum anda ketahui apa yang menjadi penyebab serta cara untuk dapat mengatasinya, selebihnya saya juga mengucapkan banyak-banyak terimakasih.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Loading Atau Waiiiit Separo Canon iR5000/6000"