Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Error 04-0106 Pada Mesin Fotocopy Canon iR 6570

Hallo sobat fotocopy semua Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk membagikan pengalam tentang Cara Untuk Mengatasi Terjadinya Error 0004-0106 Pada Mesin Fotocopy Canon iR Masalah yang yang terjadi pada mesin fotocopy adalah keluar atau terjadinya Error pada mesin salah satunya adalah apabila mesin mengalami Error E04-106, untuk masalah dari keluarnya Error yang satu ini memang jarang terjadi namun ini juga tidak menuntut kemungkinan bahwa Error E04-106 ini juga terjadi pada mesin fotocopy canon iR yang anda miliki. 

Permasalahan yang terjadi dari keluarnya Error E04-106 ini memang sering terjadi pada mesin fotocopy Canon dengan seri iR5570/iR6570 dan juga tipe lain yang sejenis dengan iR6570/iR5570 yang menggunakan sistem pemanas menggunakan element. Adapun Cara untuk mengatasi dari terjadinya masalah Eror E04-106 pada mesin fotocopy canon iR ini sebenarnya juga hampir sama saja.
Sebelum kita membahas mengenai solusi atau cara untuk mengatasi keluarnya Error E04-106 yang terjadi pada mesin fotocopy canon iR6570 terlebih dulu baiknya kita mengetahui apa penyebab utama yang menjadi masalah dari Error E04-106 yang terjadi pada mesin fotocopy anda.

Kode Error yang memunculkan pada mesin fotocopy dengan angka 004-106 sebenarnya ini tidak ada sparepart yang mengalami kerusakan. Sama halnya seperti code Error 004-104 dan 004-105. Hal ini disebabkan oleh terjadinya masalah pada tegangan arus listrik AC yang masuk ke dalam mesin fotocopy. Error 004-106. Terjadi karena arus listrik ke dalam mesin fotocopy terutama fotocopy cannon IR 6570 mengalami tegangan yang rendah dibandingkan tegangan yang harusnya diterima oleh mesin.

Berbeda dengan Error Code 840-001. Cara untuk memperbaiki dari terjadinya Error Code 004-106 ini adalah dengan cara menggunakan alat bantu tamabahan untuk menyetabilkan arus listrik seperti Trafo atau Stabilizer jika memang selama ini belum pernah menggunakan Trafo atau Stabilizer. Agar mesin fotocopy ini juga bisa menerima aliran listrik sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan oleh mesin ketika mulai start menyala.

Memang dari keluarnya Error E04-106 ini cara untuk memperbaikinya juga terbilang cukup mudah sepertiyang saya tulis diatas tadi hanya dengan metode atau cara Clear Code Error dan menunggu listrik stabil untuk kembali mesin kembali beroperasi. Namun jika ditengah-tengah perjalan kembali kode Error itu muncul, dan berulang-ulang terus terjadi, maka akan ada kerusakan yang sering terjadi pada mesin fotocopy jika dibiarkan begitu saja.

Cara Memperbaiki Error E04-106 Mesin Fotocopy Canon iR:

Sebaiknya Sebelum kita memutuskan untuk melakukan pergantian pada beberapa part yang sudah saya jelaskan diatas alangkah baiknya anda lakukan dalam perbaikan masalah  Error E04-106 pada mesin fotocopy adalah dengan mengecek pada tegangan arus listriknnya kemudian pengecekan pada jaringan listrik yang anda gunakan.

Faktor pada kelistrikan ini juga sangat berpengaruh dengan terjadinya masalah E04-106 pada mesin fotocopy canon iR 6570 series. Yang artinya anda harus mengecek seluruh bagian yang berkaitan dengan kelistrikan yang digunakan diantaranya :

Penanganan Masalah E04-106 Mesin Fotocopy Canon iR:

1.      Pastikan Listrik anda stabil atau gunakan stabilizer
2.      Cek pada bagian terminal atau soket bodi yang berada di belakang mesin atau terminal lawan unit satu
3.      Bersihkan kelistrikan utamanya bagian mesin menggunakan contact cleaner
4.      Periksa sekring di Fixing Heater Power Supply
5.      Periksa unit IH Cable Guide
6.      Pasangkan kembali semua konektor baik yang berada pada Fixing Heater Power Supply PCB dan juga pada bagian yang berkaitan dengan arus listrik pada mesin.
7.      Ganti unit Fixing Heater Supply PCB atau juga sering disebut dengan element heater dengan unit yang baru.

Untuk Beberapa solusi yang sudah kita bahas diatas dari urutan pertama sampai tiga diatas bisa anda lakukan sebelum memutuskan untuk melakukan pengecekan pada bagian IH, Dc Control, Element, kabel dari unit DC ke IH, thermostat, Pada intinya adalah yang menjadi masalah ini karena  disebabkan oleh tegangan arus listrik yang tidak stabil atau terkendalanya suplai arus listrik ke dalam mesin fotocopy.

Apabila dari penjelasan yang sudah saya tuliskan diatas tidak dapat menyelesaikan masalah Error 04-103 dengan baik, maka silahkan anda coba untuk melakukan clear Error pada mesin mesin fotocopy dengan cara masuk ke mode program dengan menekan *28* secara bersamaan kemuian (COPIER> FUNCTION> CLEAR> ERR). cara ini biasanya bisa menyelesaikan masalah namun sifatnya sementara.

Jadi kesimpulan dari penjelasan yang ada diatas adalah yang menjadi penyebab dari Error  E04-106 pada mesin fotocopy canon iR6570 adalah disebabkan oleh bagian kelistrikkan yang tidak stabil, yang artinya anda harus menganalisa bagian - bagian mana yang mempengaruhi atau menyebabkan kelistrikkan tersebut menjadi tidak setabil.

Seperti yang sudah di jelaskan diatas. apabila semua penjelasan diatas sudah di praktekkan namun tidak membuahkan hasil sama sekali anda bisa segera menghubungi teknisi, karna mungkin kerusakan yang terjadi pada mesin anda diluar daripada pengalaman dan beberapa sumber yang saya rangkum.

Apabila masih ada tambahan seputar cara untuk melakukan perbaikan dan solusi permasalahan dari keluarnya Error E04-106 pada mesin fotocopy canon iR ini anda bisa tinggalkan ulasanya di kolom komentara dibawah ini. Semoga artikel yang saya bagikan kali ini dapat membantu anda untuk mengatasi masalah pada mesin fotocopy yang sedang anda hadapi yaitu masalah Error E04-106 tersebut. Selebihnya saya ucapkan banyak-banyak terimakasih.

1 comment for "Cara Mengatasi Error 04-0106 Pada Mesin Fotocopy Canon iR 6570"

  1. Trmkasi tn mr atas ulasan eror e004-106, smga bisa bermanfaat buat kita semua.. .
    tnks....

    ReplyDelete