Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Error E003-0000 Pada Mesin Fotocopy Canon iR 5000/6000

Salam jumpa lagi sobat pada kesempatan yang baik kali ini saya akan mencoba untuk membagikan pengalaman mmengenai Error 003 pada mesin iR 5000 penyebab dari terjadinya Error dan juga bagaimana bagaimana cara untuk mengatasi Error jenis yang seperti ini sedikit banyak akan saya coba untuk menjelaskan dari Penyebab terjadinya ERROR atau kerusakan tersebut seperti di bawah ini:

1.        Tegangan output pada jaringan PLN yang tidak masuk dengan sempurna, atau tegangan sering naik turun, tidak stabil
2.        Instalasi pada kabel atau bisa juga dari jenis kabel kurang baik atau tidak berkualitas, setiap kabel mempunyai kekuatan Ampere berbeda beda
3.        Komponen yang paling utama pada mesin contohnya yaitu Main thermistor, Sub thermistor, thermofuse, sudah rusak aus atau bisa juga kotor,
4.        Kerusakan ini terjadi pada elektronika DC controller ( system jumper. Red untuk tegangan 110/127 V, black untuk 220 V )
5.        AC drive rusak / open circuit
6.        Upper / hot roll yang terlalu tebal, jadi menyebabkan penyaluran panas ke thermistor agak lama atau mengalami kelambatan pemanasan pada thermistor.
 
      Dengan keluarnya kode Error E003-0000 yang terjadi pada mesin fotocopy Canon iR 5000/6000 biasanya ini terjadi karena adanya temperatur yang terdapat pada unit upper fixing yang terdeteksi oleh Main Thermistor menunjukan suhu 70 derajat selama 2 detik setelah sebelumnya terdeteksi 100 derajat (suhu turun).

Hal ini bisa terjadi karena Main Thermistor tiba-tiba tidak berfungsi atau Thermal Switch yang tiba-tiba memutus hubungan listrik ke elemen pemanas sehingga suhu pada pemanas turun hingga 70 derajat.

Penanganan Untuk Mengatasi Error Pada Saat Darurat :

1.            Jika terjadi masalan Error tersebut silahkan anda matikan mesin fotokopi / fotocopy
2.            Keluarkan unit 1 atau bagian pemanas unit mesin, kemudian nyalakan mesin fotocopynya kembali
3.            Lakukan langkah berikut untuk melakukan pemrograman ini dengan cara yang cepat sebelum mesin mati kembali, dengan program  clear  sebagai berikut..    *28* copier function clear err ok.    ( *28* >>  bintang dua delapan bintang << >> angka 28 ditekan bersamaan )
4.            matikan nyalakan kembali mesin tersebut, setelah posisi loading selesai, silahkan memasukkan kembali unit 1 pemanas, jika masih terjadi Error dipastikan karena ada kerusakan2x atau kesalahan yang telah disebutkan di Penyebab Error / kerusakan diatas.

Langkah-Langkah Untuk Melakukan Perbaikan Pada Error 003:

1.      Cek Part Dengan Menggunakan AVO Meter
Test Thermistor dengan metode sederhana yaitu menaikan suhu pada inti Thermistor menggunakan api atau roko atau apapun yang bisa membuat suhu pada inti Thermistor naik, kemudian ujung socket Thermistor di ukur dengan AVO Meter.

Jika jarum AVO Meter langsung bergerak dengan cepat maka dipastikan Thermistor tersebut mengalami korslet atau jalur sensor terhubung satu sama lain. Normalnya ketika inti Thermistor dipanaskan barulah jarum pada AVO akan bergerak perlahan seiring kenaikan suhu pada inti Thermistor.

Berbanding terbalik dengan Thermo Switch yang akan memutuskan sambungan listrik ke pemanas ketika suhu sudah mencapai suhu tertinggi. Maka pada saat melakukan test dengan menggunakan AVO Meter dan jarum yang ada pada AVO meter akan bergerak ketika kita sambungkan ke pada ujung socketnya.

2.      Cek Bagian AC Drivenya
Jika bagian Thermistor dan juga Thermal Switch masih normal ketika kita test, part selanjutnya yang menjadi konsen adalah AC Drive atau terkadang di sebut IH pada mesin type elemen karena part ini yang mensuplai listrik ke elemen/lampu pemanas. Jika anda memang paham tentang kerusakan pada elektronik mulailah test komponen terdekat dari socket yang menuju ke elemen pemanas.

3.      Kontrol Kembali Kabel-Kabel Pada Mesin
Tindakan terahir yang bisa anda lakukan apabila semua komponen di atas sudah di test dan normal adalah konsen terhadap kabel yang menghubungkan Thermistor ke DC Control anda mulai dari bagian kabel yang terdapat pada bagian fixing assembly juga socket, hingga kabel yang terdapat di body mesin. Silahkan anda Lakukan pengecekan kembali dengan lebih detail lagi pada bagian kabel-kabel barang kali ada kabel yang terkelupas, kejepit, atau mungkin putus.
Konsen pada bagian part yang ada dibawah ini:

1.      Main Thermistor
2.      AC Drive
3.      DC Control
4.      Kabel penghubung

Demikianlah sedikit informasi yang dapat saya berikan tentang cara untuk Mengatasi dari terjadinya  Error E003-0000 Pada Canon iR 5000/6000 semoga bermanfaat. semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah yang terjadi pada mesin fotocopy anda dan juga bisa bermanfaat buat yang lain selebinya saya ucapkan terimakasih.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Error E003-0000 Pada Mesin Fotocopy Canon iR 5000/6000"