Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Terjadinya Error E014 Pada Mesin Fotocopy Dan Cara Mengatasinya

Salam jumpa lagi bersama saya , kali ini saya akan membagikan sedikit pengalam mengenai cara mengatasi Error E 0014 yang terjadi pada mesin fotocopy canon iR, Apabila mesin fotocopy yang anda miliki rusak atau mengeluarkan kode Error E014 pada layar monitor bisa jadi disebabkan oleh motor fixing ( pemanas ) yang sudah tidak bisa bekerja secara maksimal lagi.

Jadi solusinya adalah dengan melakukan penggantian pada unit motor pemanas tersebut dengan yang baru, tetapi jangan terburu buru memfonis kalau motor fixing anda yang rusak karena bisa jadi Error E014 disebabkan oleh hal lain.
Error E014 ini memberi tahukan bahwa ada terjadi masalah pada putaran motor pemanas, bisa disebabkan ini dikarenakan kumparan sudah lemah atau juga bisa disebabkan beban pemanas yang akan diputar terlalu berat sehingga mengakibatkan motor pemanas tidak bisa bekerja secara maksimal.

Fungsi motor fixing canon iR Beberapa komponen dibawah ini bekerja dan terkait dengan fungsi motor fixing.
1.      Roller Upper Fixing.
2.      Cleaning Web
3.      Fixing Inlet Guide
4.      Main thermistor
5.      Upper Claw
Ketika motor fixing mengalami kerusakan,maka kesemua komponen diatas tidak akan berfungsi, selain itu mesin juga akan mengeluarkan kode Error E014. Untuk mengatasi Error E014 canon ir ini, kita jga harus paham dengan kesemua komponen diatas mari kita ulas satu persatu.

1.      Upper roller Fixing
Disini Saya yakin bagi para teknisi pasti sudah hapal dengan komponen yang satu ini, namun bagi anda yang masih pemula pasti ada sedikit keraguan untuk menentukan benar atau tidak roller fixing adalah yang ini,  Ya roller fixing adalah roll pemanas yang berfungsi untuk mengepres kertas supaya hasil tidak luntur, apabila dipegang tangan juga bisa langsung melepuh, karena panas sekali, dikedua ujung roller fixing terdapat gear yang salah satunya terhubung langsung dengan motor fixing, dan ketika Error E014 ini terjadi maka motor fixing berhenti berputar alias mati, maka roller upper pun seketika berhenti bergerak.

2.      Cleaning web
Selain berfungsi untuk memutarkan roller upper, motor fixing ini juga terhubung dengan beberapa  rangkaian gear, diantaranya adalah gear motor fixing, salah satu gear yang berputar dan terhubung dengan “as”  dari web cleaning yang kemudian akan berputar untuk menarik dari web cleaning supaya bisa bergeser, ketika Error E014 ini terjadi maka web cleaning juga ikut terhenti.
3.      Fixing Inlet Guide
Kompone berupa plat yang berada didepan roller fixing, bekerja dengan cara naik turun untuk memudahkan agar kertas dapat dengan mudah masuk ke roller upper disesuaikan dengan jenis kertas yang dipilih oleh pengguna,

4.      Main thermistor
Untuk mencegah dari kerusakan pada satu titik di upper roller karena panas yang dihasilkan  supaya dapat di control oleh main thermistor, maka system kerja dari main thermistor ini dibuat agar dapat bergerak kekanan kekiri sejauh 12 mm, gerakan kekanan dan kekiri akibar gerakan dari gear set yang ada didepan motor fixing, timbulnya gerakan disebabkan oleh gerakan dan fungsi dari solenoid web fixing.

5.      Upper Claw
Upper claw atau lebih dikenal dengan kuku macan atau juga kuku pemanas, ya karena memang bentuknya runcing tajam seperti kuku, kuku-kuku ini juga akan bergerak kekanan dan juga kekiri agar tidak merusak roller upper, claw ini juga bekerja berdasarkan dari putaran motor fixing, sehingga ketika motor fixing mati, maka claw pun tidak dapat bekerja.

Nah diatas telah dijelaskan betapa banyak dan kompleknya fungsi yang membebani motor fixing, karena banyaknya kinerja yang bergantung pada fungsi motor fixing ini, maka tak heran jika kerusakan motor fixing agak sering terjadi.

Penyebab terjadinya Error E014 ini Dari penjabaran yang ada diatas dapat kita simpulkan jika penyebab dari munculnya Error E014 antara lain seperti dibawah ini:
1.      Motor Fixing mati
2.      Putaran motor Fixing Lemah
3.      Konsleting

Inilah adlah beberapa cara untuk memperbaiki mesin fotocopy canon iR yang mengalami Error E014.
1.      Matikan mesin terlebih dahulu agar tidak terjadi konslet pada kabel-kabel.
2.      Tarik terlebih dahulu Unit 1 atau Unit Pemanas.
3.      Buka penutup ger pemanas terlebih dahulu dengan cara melepas semua baut.
4.      Kemudian lepaskan kabel-kabel yang tertancap pada ger pemanas tersebut.
5.      Lepas baut-baut yang tertancap pada ger pemanas tersebut.
6.      Setelah semua bautnya terlepas maka ambillah ger pemanas tersebut pelan-pelan agar tidak ada kabel yang ikut kertarik.
7.      Amati ger pemanas tersebut, jika kondisinya masih memungkinkan untuk diperbaiki maka silakan Anda coba perbaiki, namun jika kondisinya sudah tidak layak pakai, maka mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru.
8.      Selesai.

Dari beberapa penjelasan dari penyebab Error E014 diatas yang paling sering terjadi adalah Matinya motor fixing jadi cara untuk  mengatasi hanya dengan mengganti motor fixing dengan part yang baru.

Letak dan cara mengganti Motor Fixing
Setelah mengetahui dari penyebab terjadinya Error E014 inilah saatnya bagi anda untuk menggantia motor fixing nya, namun nanti dulu sebelum mengganti motornya apakah anda tau dimana lokasinya. 

Di unit pemanas motor fixing itu berada, buka 3 baut yang mengikat cover tersebut, setelah itu akan terlihat unit motor fixing, bagi yang sudah berpengalan biasanya hanya butuh waktu 3 menit saja untuk mencabut dan mengganti motor fixing yang rusak dengan yang  baru, kemudian Error E014 pada mesin anda akan teratasi.

Sekian ulasan dari penyebab dan cara mengatasi dari terjadinya Error E014 yang terjadi pada mesin fotocopy semoga ulasan yang saya bagikan bisa bermanfaat buat anda khususnya yang sudah mengunjungi blog ini, selebihnya saya ucapkan terimakasih.

Post a Comment for "Penyebab Terjadinya Error E014 Pada Mesin Fotocopy Dan Cara Mengatasinya"