Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Mengatasi Hasil Fotocopian Yang Buram Atau Background

Salam jumpa lagi pada kesempatan ini saya akan membagikan sedikit tips atau Cara Untuk Mengatasi Hasil Fotocopy Buram atau Terlalu Gelap karna hasil copian yang background tentu akan membuat konsumen lari mencari tempat copian lain yang lebih bagus hasilnya.

Bisnis fotocopy untuk saat ini memang banyak sekali hamper di semua daerah di selurtuh Indonesia sudah ada karena makin kesini bisnis ini memang semakin rame, jadi anda jangan heran apabila di area sekolah, kampus, jalanan rame, pasar dan perkantoran juga terdapat toko fotocopy yang jumlahnya mungkin bisa lebih dari 1 toko, karena bisnis fotocopy ini boleh dibilang memang cukup menguntungkan, Apalagi jika Anda bisa untuk memperbaiki mesin fotocopy milik Anda sendri jika sedang mengalami kerusakan atau Error.
Kembali pada topik yang akan kita bahas yaitu tentang bagaimana caranya untuk mengatasi hasil cetak fotocopy buram atau terlalu hitam pada hasil kertas copian, atau yang lebih sering disebut oleh banyak orang hasil ini dengan istilah hasil background.

Karena Memang sudah tidak mungkin untuk dipungkiri lagi apabila terjadi pada hasil cetak fotocopy ini buram atau terlalu hitam pada kertas hasil copian, maka membuat kita frustasi, terlebih lagi apabila kita dituntut ekstra cepat dalam menggandakan berkas-berkas tersebut.

Sebenarnya ada beberapa kemungkinan yang terjadi apabila mesin fotocopy mengeluarkan hasil fotocopy buram atau terlalu gelap,  akan tetapi disini saya akan mencoba untuk memberikan informasi yang sebagus dan sesimpel mungkin agar mudah untuk dipahami, Untuk itu berikut ini adalah beberapa  penyebab terjadinya hasil fotocopy buram atau terlalu hitam dan cara mengatasinya.

1.Periksa korona mesin Anda yang ada dibagian unit drum.

Anda lakukan pengecekan ke unit Corona atau Wire unit apakah korona tersebut memang sudah kotor, apabila corona sudah kotor maka bersihkan dahulu menggunakan SAN-POLY atau braso dengan kain bersih sampai tidak ada lagi kotoran yang menempel.

Jika sudah dirasa bersih coba kembalikan pasang kembali dan cobalah test untuk mengcopy apakah hasilnya sudah bersih dan juga bagus kalo dirasa masih belum bagus silahkan lakukan pergantian pada tali wire atau coronanya, namun apabila hasilnya sudah bagus berarti saya ucapkan selamat Anda sudah bisa menjadi teknisi minimal untuk mesin fotocopy Anda sendiri.

2. Setel Wire atau coronanya.

Namun jika hasil fotocopy masih saja buram atau terlalu hitam padahal kawat pada korona tersebut sudah diganti dan dibersihkan ada kemungkinan setelan pda corona kurang ke atas atau kurang jauh dengan posisi drum.

Adapun untuk cara setting agar kawat korona agak ke atas atau kurang jauh dengan area drum adalah dengan cara mengarahkan baut plastik yang saya tunjukkan pada panah warna merah (lihat pada gambar di bawah), untuk mengarahkan seperti arah putaran jarum jam, putarlah kira-kira satu putaran. Jika sudah silahkan kembalikan lagi coronanya dan silakan untuk test copy lagi.

3. Melakukan Seting pada program yang dapa pada mesin.

Langkah yang satu ini dalah dimana anda bisa untuk melakukan pengaturan hasil dengan malukan pemrograman apabila hasil fotocopi terlalu hitam atau sering disebut dengan background caranya seperti dibawah ini.

1.       Masuk ke Service Mode dengan menenekan perintah berikut => *28*
2.       COPIER
3.       Klik ADJUST
4.       Klik DEVELOPE
5.       Rubah BIAS (semakin tinggi nilai yang dipilih, maka semakin tajam hasilnya)
6.       Rubah HVT-DE ( Set misal -20 jadi -14, angka ini adalah angka patokan yang aman untuk digunakan)
7.       Kemudian silahkan kembali ke menu awal dan matikan mesin lalu hidupkan kembali. Biasanya dengan melakukan cara ini maka hasil fotocopy yang di hasilkan akan menjadi semakin tajam dan jelas atau sebaliknya jika anda menyetel terbalik maka akan menjadikan hasilnya kurang jelas.

Saya rasa dengan cara yang saya bagikan ini Anda akan berhasil untuk mengatasi hasil buram atau background karena ini menurut pengalaman dari yang saya alami sendiri, Semoga setelah Anda melakukan cara diatas, maka permasalahan Anda telah terselesaikan, demikianlah postingan saya tentang cara mengatasi hasil fotocopy yang buram atau terlalu hitam, Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Untuk Mengatasi Hasil Fotocopian Yang Buram Atau Background "