Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Toner Mesin Fotocopy Yang Tidak Mau Turun Ke Developing

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk berbagi sedikit pengalaman dengan Anda tentang bagaimana caranya untuk mengatasi toner atau tinta pada mesin fotocopy yang tidak mau turun ke developing.

Apabila kita berbicara soal mesin fotocopy memang tidak pernah lepas dari yang namanya kerusakan-kerusakan, karena memang mesin fotocopy ini sangat banyak sekali menggunakan komponen-komponen yang di tiap bagian memiliki kode dan kerusan yang berbeda.
Jika toner / tinta tidak bisa turun ke unit developing maka fotocopy Anda tidak akan menampakkan hasil, karena developing inilah yang akan memasok tinta ke area drum, yang mana drum tersebut akan mengeluarkan atau menghasilkan tulisan.

Masalah toner yang tidak bisa turun ke developing seperti ini biasanya disebabkan karena tersumbatnya tinta yang mengumpul pada saluran antara gear motor tabung tinta ke arah unit developing, biasanya masalah seperti ini awalnya karena saat mesin fotocopy mengeluarkan pesan bahwa tinta telah habis, namun pengguna mesin fotocopy tidak segera mengisinya, untuk itu jika mesin fotocopy Anda mengeluarkan peringatan bahwa tinta mesin fotocopy sudah habis, maka segeralah untuk melakukan pegisinya tinta atau toner agar tidak terjadi seperti demikian.

Karena masalah ini sudah bisa saya atasi maka saya akan membaginya dengna anda semua, semoga apa yang saya lakukan untuk mengatasi masalah toner yang tidak mau turun ke developing ini bisa juga anda terapkan jika anda mengalami masalah yang sama dengan saya, inilah beberapa perbaikan yang saya lakukan hingga akhinrya ketemu pada suatu jawaban.

1. Install Toner
Sebelum saya melakukan langkah teknis, saya terlebih dahulu melakukan perbaikan disisi sofwarenya dengan melakukan install toner untuk memaksa mesin agar melakukan pengecekan kembali terhadap toner yang ada di develope, caranya adalah dengan begini;

1.      Masuklah ke menu safe mode
2.      Klik Option
3.      Klik Install
4.      Klik Check toner
5.      Klik OK

Tunggu beberapa saat karena akan memakan waktu agak lama bagi mesin untuk melakukan pengecekan develope, bila dengan cara ini mesin anda kembali normal maka anda tidak perlu untuk melakukan langkah berikutnya.

Metode install toner ini juga perlu anda lakukan ketika develope benar-benar kosong atau selepas anda mengisi toner agar toner dapat segera diidentifikasi oleh mesin,

2. Membersihkan Soket Mesin Dan Develope
Langkah yang pertama saya curigai adalah soket dikedua bagian ini, saya melakukan pembersihan pada keduanya dengan meniup sisa-sisa toner yang menempel didalam lubang- lubang soket ini, serta memeriksa siapa tahu ada soket yang pecah atau kabel yang putus didalam soket.

3. Memeriksa Putaran Magnet Dan Baling-Baling Develope
hal kedua yang saya lakukan adalah mengecek putaran magnet develope saya merasa perlu untuk memeriksa putarannya serta putaran baling-baling yang mencampur toner, apakah mereka berkerja dengan benar atau tidak, karena hal ini untuk menjaga dan memastikan kalau part ini bekerja dengan normal,

4. Memeriksa Kabel Soket Develope
langkah ketiga dengan mengecek kabel soket yang ada dibagian depan develope, dengan membuka tutup depan maka akan terlihat satu soket, karena kebiasaan dilapangan sering tikus memakan kabel yang menyebabkan kerusakan yang fatal, jika soket ini putus sudah dapat dipastikan kalau toner tidak akan dapat dibaca oleh mesin.

5. Membersihkan Develope
Langkah terakhir adalah dengan membersihkan bagian dalam develope, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menguras toner yang ada didalamnya, kemudian anda bisa dengan leluasa membersihkan setiap bagian yang ada didalamnya.

saya merasa sensor di dalam develope ini mengalami kerusakan akibat tersumbat oleh toner, maka perlu untuk dibersihkan sampai kinclong. Sebagai penutup dari saya maka jangan pernah membiarkan box toner mesin anda benar-benar kering atau kehabisan toner untuk  mengantisipasi dari terjadinya kerusakan yang mungkin akan mengakibatkan toner yang kering.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Toner Mesin Fotocopy Yang Tidak Mau Turun Ke Developing"