Cara Menghubungkan Komputer Dengan Mesin Foto Copy untuk Dijadikan Sebagai Printer

Pada kesempatan kali ini Saya mencoba untuk sedikit berbagi pengalaman dengan anda mengenai Cara Menghubungkan Komputer Dengan Mesin Foto Copy untuk Dijadikan Sebagai Printer. Disini Saya membuka usaha fotocopy dan juga atk serta penjualan mesin photocopy juga melyani service mesin photocopy, setelah jalan begitu lama dengan printer, mungkin bagi para pemilik usaha photocopy ada yang belum tahu bahwa Mesin Fotocopy Canon seri iR5000/6000 ini juga dapat tersambung dengan laptop untuk dijadikan sebagai printer dan juga bisa kita jadikan sebagai Scaner jadi bisa mengirit cost dan juga modal kita.

Ada beberapa hal yang harus kita siapkan Sebelum kalian melakukan setting pada komputer dan mesin fotocopy jadi kalian harus memastikan bahwa komputer kalian sudah memiliki soket LAN (Loca Area Network). Berikut ini adalah langkah-langkahuntuk  menghubungkan komputer dengan mesin foto copy untuk dijadikan sebagai printer secara lengkap.

Alat-alat yang di butuhkan Antara Lain :
• Komputer PC atau laptop yang telah dilengkapi dengan TP LINK LAN ( Local Area Nertwork ).
• Kabel koneksi / Kabel LAN sesuai dengan kebutuhan
• Driver printer canon iR 5000/6000 dengan model Pcl5 atau juga Pcl6 (sesuaikan dengan type atau seri mesin foto copy kalian)

Setelah komputer sudah  terhubung dengan mesin foto copy menggunakan kabel LAN untuk langkah selanjutnya adalah melakukan setting IP address pada Komputer, contohnya:
• IP: 192.168.1.1
• Subnet Mask: 255.255.255.0
• Gateway Address: 192.168.1.1

Setting IP Address pada Mesin Fotocopy, caranya:
• Tekan Tombol Additional Functions (*).
• System Setting.
• Network Setting.
• TCP/IP Setting.

Kemudian isikan setting sebagai berikut:
• IP: 192.168.0.10 di bagian ini harus diingat angka terahir harus berbeda dengan angaka dikomputer
• Subnet Mask : 255.255.255.0
• Gateway Address: 192.168.1.1

Kalau semua sudah terisi dengan benar silahkan tekan OK > DONE > DONE > DONE > DONE ( sampai semua kembali ke tampilan awal ), Ready to copy maka langkah selanjutnya adalah silahkan untuk melakuakan restart pada mesin fotocopy dan juga pada perangkat komputer yang digunakan untuk koneksi  ke mesin.

Sekarang baik di computer dan juga pada mesin fotocopy sudah selesasi disetting IP address sebagai alamat atau identitas untuk menghubungkan antara keduanya. Langkah berikutnya adalah dengan melakukan test koneksi antara perangkat komputer dan mesin fotocopy dengan cara seperti dibawah ini:

Silahkan tekan tombol dengan logo “windows” dan juga tombol “R” yang ada pada keyboard komputer secara bersamaan maka akan muncul jendela kecil.

• ketik : ping 192.168.0.10 -t kemudian tekan enter / ok

• Jika ada tulisan Reply from 192.168.0.10 maka koneksi antara mesin fotocopy dan komputer melalui kabel LAN telah berhasil terkoneksi dengan baik.



Seting Pada PC :
1.    Driver canon IR 5000/6000
2.    Install driver tersebut pada komputer anda
3.    Kemudian Klik pada logo Start Menu -> Control Panel -> pada bagian Printer and Faxes
4.    Pilih "Add a Printer" atau bisa juga secara manual dengan menggunakan File -> Add Printer untuk memilihnya

5.    Next -> Kalian Pilih tipe koneksi pada printer anda (Local printer/Network printer)
6.    Kalian Pilih "Local... printer attached to this computer" – biarkan saja tanda centang yang ada pada Automatically Detect...",
7.   Selanjutnya silsahkan klik NEXT kemudian jika sudah ditemukan mesin copier seri iR maka lanjut no 6 - jika tidak ditemukan, kemudian Klik NEXT, lalu kemudian masukan Port yg menghubungkan antara mesin Fotocopi dengan Komputer.

8.    Bila menggunakan kabel parallel (LPT1) ataumenggunakan socket besar, maka kalian pilih "LPT1: (Recommended Printer Port)" Klik NEXT
9.    Jika kalian menggunakan kabel network (LAN) dengan socket kecil, silahkan pilih "Create a new port", pilih "Standard TCP/IP Port", Klik NEXT

10. Kemudian pada monitor akan muncul "Add Standard TCP dan juga IP Printer Port Wizard", silahkan anda Klik NEXT untuk melakukan pengisian Printer Name or IP Address dengan IP pada mesin foto kopi iR kalian. Sebagai Contoh seting dan masukan ip yang ada pada mesin fotocopi : 192.168.0.10) silahkan Klik NEXT, NEXT lagi, kemudian FINISH.


11. Pilih Canon pada Manufacturer untuk memilih serimesin, kemudin Pada Printer cari dan kalian pilih "Seri Canon iR sesuaikan dengan typer atau seri mesin fotocopy milik anda" klik NEXT, kemudian kalian pilih Keep existing driver untuk melanjutnya langkah selanjutnya silahkan anda pilih NEXT untuk melakukan langkah selanjutnya silahkan kalian beri nama pada Printer name terserah kalian atau sesuai dengan mesin yang kalian gunakan (contoh: iR6570) pilih "Yes" jika ingin dijadikan Default Printer, Klik NEXT pilih Do not share this printer atau jika kalian tidak ingin untuk melakukan sharing pada printer, kalian tinggal langsung Klik NEXT yang harus anda  ingat disini setelah semua selesai  jangan mencoba untuk print test page bila mesin foto kopi belum di setting, NEXT, FINISH.

Setelah semua proses instalasi sudah selesai seperti langkah diatas, kemudia kita lakukan test page untuk memastikan printer telah terinstal dengan benaratau belum. Apabila semua langkah-langkah dan proses diatas sudah dilakukan dengan benar maka saat melakuakan print test page maka mesin foto copy akan langsung beroperasi untuk memroses hasil layaknya memfotocopy biasa tapi yang dicetak adalah dokumen atau file dari komputer.

Selamat mencoba untuk mengkonekkan antara computer dengan mesin photocopy milik kalian untuk di jadikan printer. Semoga dengan cara yang sayabagikan ini usaha jasa fotocopy anda akan semakin sukses.

0 Response to "Cara Menghubungkan Komputer Dengan Mesin Foto Copy untuk Dijadikan Sebagai Printer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel