Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Masalah Error E064 Pada Mesin Fotocopy Canon iR 2230/2270/2830/3870/3530/3570/4570/3300.


Pada kesempatan kali ini kita akan coba untuk membahas Tentang Permasalahan yang terjadi pada mesin yang mengalami Error E064  yang sering terjadi pada mesin canon dengan seri iR 2230/2270/2830/3870/3530/3570/4570/3300.  Dengan terjadinya masalah ini tentu kita harus mencari solusi bagaimana cara unrtuk bisa mengatasi dari Error E064 atau lebih lengkapnya  bisanya yang ditemukan dilapangan adalah Error E064-0002.

Memang sangat banyak sekali yang menjadi penyebab dari keluarnya masalah pada mesin yang menimbulkan Error E064 tersebut, untuk itulah maka dalam penanganan pada masalah E064 ini kita harus menganalisa lebih dahulu beberapa part yang berkaitan langsung dengan Error tersebut, terlebih dulu kita akan membahas penyebab dari masalah keluarnya E064 tersebut.
Error yang terjadi pada mesin fotocopy tidak hanya disebabkan oleh kerusakan part semata, melainkan terkadang  juga bisa dari factor lain seperti daya listrik juga sangat berpengaruh, baik untuk hasil dan juga bisa menyebabkan kerusakan pada mesin itu sendiri.

Penanganan pada masalah kerusakan yang terjadi pada mesin fotocopy memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi masalah yang kita hadapi terkadang masalah yang rumit,  baik dari segi pemasang partnya, membongkarnya dan juga menganalisanya, ini akan menjadi tantangan tersendiri untuk anda yang akan memperbaiki kerusakannya secara mandiri.

Ada cara yang mudah bagi anda dalam menghilangkan masalah Error pada mesin fotocopy yaitu dengan cara mereset Error  melalui program mesin fotocopy, namun apabila kerusakan ini memang sudah parah bisanya langkah mereset error mesin fotocopy tidak akan bekerja dengan sempurna atau masalah Error ini juga akan tetap kembali, artinya jalan satu - satunya yang harus anda ambil adalah dengan melakukan service pada bagian yang mengalami masalah atau kerusakan tersebut, tentu dengan mengganti atau menservice part yang mengalami kerusakan.

Namun saya tidak menyarankan apabila kerusakan mesin fotocopy anda berat untuk menangani nya sendiri selain ini beresiko kesalahan tentu ini akan merusak mesin lebih parah lagi apabila pemasangan part yang semula menjadi salah pasang.

Penyebab Dari Munculnya Error E064 Pada Mesin Fotocopy Canon iR

1.      Contact is it wrong from one contact PDA to the main charging roller, develop the assembly, or transfer the charging on the dirty Roller? Or, is there a poor contact? Yes: Clean up the contacts, then reset again.
2.      Wiring is the cable from the contact for normal following is: DC controller PCB (J301), covers the power of PCB Composite (J136), roller on primary charging, developing assembly, transfer charging on the Roller?

A.    DC controller PCB (J301) <-> composite power supply on PCB (J136)
B.     Composite power supply on PCB (J130-7) <-> main charging on the contact Roller
C.    Composite power supply on PCB (J130-1) <-> develop the contact for Assembly
D.    A composite power supply PDA PCB (FT133) <-> Transfer contact for Roller NO: fix on connection.

3.      Composite power supply PDA PCB, DC PCB controller try to replace the composite power supply on the PCB. Has the issue been corrected? Yes: Yes. NO: Immediately replace the DC controller PCB.

Sebelum kita mencari solusi untuk mengatasi masalah Error E064 baiknya anda menyimak sedikit penjelasan apa saja penyebab dari masalah E064 bisa timbul pada mesin ada, setelah mengetahui beberapa penyabab ini tantu anda akan bisa memperhatikan beberapa part penting nantinya dan cara perawatannya.

Masalah E064 Pada Mesin Fotocopy Canon iR muncul disebabkan oleh masalah tegangan listrik anda yang kurang stabil. bisa terlalu rendah bisa juga terlalu over cara merawatnya tentu anda harus menggunakan sabilizer pada mesin fotocopy agar adanya pengamanan mesin dari arus listrik yang tidak menentu. arus yang tidak stabil lambat tahun akan merusak mesin.

Dari masalah arus ini sangat berdampak pada beberapa bagian part mesin fotocopy utamanya adalah HVT.  Hvt sendiri bagian mesin yang ada di fotocopy dimana harganya yang cukup lumayan sehingga baiknya anda menghindari kerusakan Hvt ini, dengan mengambil langkah pencegahannya. selain itu ada beberapa penyebab yang menimbulkan E064 diantaranya :

Program Mesin Dalam Mode Layanan Salah
1.      Kontak HVT Kotor untuk Mengembangkan Perakitan dan Pengisian Rol
2.      Klip Kertas pada Kontak HVT atau Majelis Berkembang
3.      Roller Transfer yang Salah
4.      Eliminator Pengisian Statis yang Rusak
5.      Cadangan Composite Power Supply
6.      Defective DC Controller PCB Assembly

Mengatasi Masalah E064 Pada Mesin Fotocopy Canon IR
·         Periksa nilai-nilai dalam Mode Layanan dan pastikan mereka sesuai dengan Layanan Label. Jika mesin fotokopi menerima lonjakan atau lonjakan melalui 240V garis nilai-nilai ini dapat berubah (juga dapat memberi Anda salinan kosong). Ambil catatan khusus tentang Dev Bias pengaturan. [COPIER > ADJUST > DEVELOP > DE-DC]
·         Pastikan Majelis Transportasi terlibat dengan benar. Rol Transfer ini seharusnya membuat kontak yang baik pada drum. Periksa kondisi sekrup (XB6-7501-007) dan Pelat Tekanan (FB5-4816-000 & FB5-4817-000) untuk Majelis Transportasi.
·         Bersihkan kontak  pada HVT untuk Primer / Transfer Pengisian Rollers dan Mengembangkan Majelis. Periksa klip kertas apa pun.
·         Pasang kembali Roller Transfer (FF6-0104-000).
·         Ganti Eliminator Pengisian Statis (FF5-7246-000).
·         Ganti Composite Power Supply yang diikuti oleh DC Controller PCB Assembly.

Kesimpulan Cara  Mengatasi E064
Berdasarkan beberapa sumber dan juga pengalaman mengenai masalah E064-0002 cara mengatasinya dengan mengatur ulang program seperti diatas, dan lakukan perbaikan diantaranya pastikan tidak ada yang putus kabel - kabel yang terdapat di area mesin karna ini akan mengakibatkan tranportasi terganggu, cek kondisi rol tranfer baik putarannya maupun kinerjanya bersihkan dari sisa - sisa toner yang menempel utamanya dibagian pojok tempat poros putaran.

Cek drum apabila kondisinya bergaris dipinggir atau luka bisanya drum akan konsleting dan akan menimbulkan beberapa pesan error, Setelah beberapa part yang dijelaskan diatas sudah dicek terakhir adalah cek bagian Hvt.

Ini adalah langkah yang terakhir untuk melakukan perbaikan Error E064-0002 pada mesin fotocopy canon iR, semoga dari apa yang kita bahas diatas dapat memberikan solusi dan gambaran untuk anda yang sedang mengalami masalah Error E064-0002 pada mesin fotocopy anda sekian dan terimaksih.


Post a Comment for " Mengatasi Masalah Error E064 Pada Mesin Fotocopy Canon iR 2230/2270/2830/3870/3530/3570/4570/3300."