Cara Untuk Mengatasi Error E004 Yang Terjadi Pada Mesin Fotocopy Canon iR 5000

Jumpa lagi di central copier pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman tenang bagaimana caranya untuk Mengatasi Error E004 pada mesin Canon iR 5000 karna error yang satu ini kerap muncul pada mesin dengan seri iR5000/6000 dan seri lain.

Banyak sekali ragam kerusakan yang dialami mesin fotocopy terutama di bagiam unit fixing, salah satunya Error E0004 karena error ini disebabkan oleh salah satu komponen yang lagi lagi berada di system fixing unit, kerusakan ini buat saya tergolong mudah karena hanya tinggal mengganti sparepart saja namun langkah untuk mengganti sparepart ini begitu banyak yang harus dilepas sehingga perlu pengetahuan lebih untuk membongkar dan mengganti item ini.

Kerusakan yang menyebabkan terjadinya Error E004 ini disebabkan karena Main Heater lamp/ sub Heater lamp yang berada di dalam fixing upper roller rusak atau mati, didalam upper roller terdapat 2 buah lampu heater dan biasanya yang mati atu rusak kebanyakan hanya satu biji saja atau sebelah, jika anda mengalami error E004 ini silahkan anda langsung saja check lampu heater yang ada di dalam upper roller.

Namun sebelum anda memutuskan untuk mengganti lampu heater ini ada baiknya bagi anda untuk melakukan clear error terlebih dahulu hanya untuk memastikan bahwa parts tersebut benar-benar sudah mati, akan tetapi jika kerusakan belum terlalu parah, maka dengan cara clear pada mesin ini error tersebut akan hilang dan mesin masih bisa untuk digunakan, namun cara ini hanya untuk sementara karna tidak akan mampu untuk bertahan lama, cara ini hanya sebagai langkah darurat cara ini sangat bermanfaat, sambil anda mempersiapkan lampu heater.

Apa itu lampu heater? Lampu heater adalah: dua buah lampu berbentuk bulat kecil panjang yang ada di dalam pemanas yang akan menyala begitu mesin fotocopy dinyalakan, lampu ini yang akan memanaskan roller upper fixing sebagai media yang akan memanaskan kertas dan tinta agar melekat lebih erat agar hasil cetak tidak luntur, jadi disini dapat dipastikan bila salah satu dari lampu tersebut mati maka secara otomatis system kertas mesin fotocopy akan terhenti karena salah satu proses utama dalam mesin fotocopy mengalami kerusakan atau trouble.
Cara Mengganti Lampu Heater:
Langkah yang pertama adalah setelah semua komponen pemanas sudah anda lepas dan disini saya anggap bahwa anda sudah melepas unit fixing serta tertinggal hanya mengeluarkan bagian dari lampu heater.

Lankan kedua lakukan pengecekan terlebih dahulu lampu yang mana yang putus dengan avo meter, atau anda menggantinya satu set biar lebih aman.

Langkah yang ketiga Setelah anda sudah mengetahui dengan pasti lampu mana yang mati mana carilah kabel, ikatlah kabel atau apapun pada ujung lampu yang lain, kemudian tariklah lampu perlahan, karena fisik lampu yang rapuh harap berhati hati sangat, salah salah lampu akan patah.

Langkah yang ke empat dalah kabel yang anda siapakan tadi saya maksudkan agar anda mudah untuk melakukan pemasangan lampu heater yang baru, ikatkan kabel tersebut ke ujung lampu heater yang lain. kemudian tarik secara perlahan karena lampu ini sangat rentan pecah, dan perlu untuk kita ingat bahwa lampu heater ini memiliki fisik yang sangat rapuh!

Langkah yang ke lima silahkan anda pasang kembali semua soket soketnya kemudian langkah yang terakhir adalah memasang kembali kemudian mengetesnya, namun bila lampu heater mati maka dengan solusi ini mesin sudah pasti dapat jalan lagi dan E004 akan hilang

Demikian sedikit tips dari saya tentang bagaimana cara untuk mengatasi Error E004 yang terjadi pada mesin Canon IR 5000 semoga artikel ini menambah pengetahuan dan keahlian kita sebagai teknisi mesin fotocopy, selamat mencoba dan jangan lupa share pengalamannya dan berikan masukan di kolom komentar untuk lebih menambah pengetahuan kita bersama.

0 Response to "Cara Untuk Mengatasi Error E004 Yang Terjadi Pada Mesin Fotocopy Canon iR 5000"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel