Cara Mengatasi Hasil Fotocopyan Yang Kurang Hitam Atau Hasilnya Kabur


Salam jumpa lagi pada keempatan kali ini saya mencoba untuk berbagi tentang cara mengatasi hasil fotocopy yang kurang jelas atau kurang tajam pada ir 5000, apabila kita Berbicara mengenai masalah dari hasil fotocopyan memang tidak akan ada habisnya, berbagai masalah akan sering datang kemudian hilang dan akan berganti dengan masalah yang lain terkadang hasil belang, keluar garis hitam atau juga putih, terkadang kurang jelas atau kurang tajam seperti yang akan saya bahas pada artikel kali ini.

Berbekal dari berbagai permasalah yang saya hadapi sendiri di lapangan kenapa hasil fotocopy tidak jelas atau kurang hitam dari biasanya, sebenarnya hasil dari fotocopyan utuh tanpa ada yang cacat sama sekali cuma untuk tulisannya tipis, hasil terlihat samar-samar kurang tajam. Dari berbagai prosedur standar sudah saya coba lakukan untuk mengatasinya seperti yang ada dibawah ini.
1.      Membersihkan drum
2.      Membersihkan Corona atas bawah
3.      Membersihkan develop
4.      Membersihkan unit kaca pada Scanner

Hal - hal yang ada diatas sudah saya lakukan namun hasil fotocopy masih saja kurang hitam juga. ketika hal diatas tidak memberi effect saya putuskan untuk fokus pada area develope, tidak dipungkiri kalau kondisi magnet roll develope kemungkinan besar sebagai penyebab dari hasil fotocopy yang kurang hitam.

Langkah-langkah untuk mengatur ketajaman pada hasil fotocopy dari program mode *28*

1.      Masuk service mode dengan menakan *28*
2.      Pilih Menu Adjust
3.      Pilih Menu Develope
4.      Setting pada bagian Set BIAS (0-600) semakin kecil nilai maka hasil akan semakin ngeblok hitam untuk defaultnya adalah 180
5.      Klik Ok
6.      Untuk menambah atau mengurangi dari program silahkah tekan bagian HVT-DE dari 0-100 untuk menambah hitam sedangkan untuk mengurangi nya silahkan Anda tekan D-HVT-DE 0-50 untuk defaultnya adalah 0-0
7.      Matikan Mesin lalu hidupkan kembali atau langsung test hasil juga bisa

Dari langkah kecil diatas, biasanya mempunyai pengaruh untuk hasil fotocopy. anda bisa mencobanya lalu lihat perubahannya jika hasilnya lebih hitam artinya mode program ini bekerja pada mesin anda.  Jika hasilnya belum maksimal coba cek bagian magnet roll yang dikhawatirkan bagian ini sudah tipis atau sudah tidak layak pakai. selanjutnya cek bagian doctor blade bersihkan dari sisa - sisa toner yang menempel.

Selanjutnya jika hasil masih kurang jelas coba anda atur bagian keluarnya tinta mesin pada bagian posisi roller magnet, dengan cara atur keluarnya tinta secara manual biasanya pengaturannya letaknya di pojok kiri roll magnet anda bisa lihat contoh gambar dibawah ini :

Cara melakukan pengaturan diatas dengan langkah, Copot bagian develope dari mesin fotocopy lalu atur posisi plat adjust yang ditandai dengan warna seperti kuningan, semakin gerak ke kanan hasilnya semakin jelas atau hitam sedangkan jika anda kiri maka hasilnya semakin putih. anda bisa mencoba memperaktekkannya dengan melakukan penjelasan ini.

Dari beberapa masalah yang terjadi mengenai hasil fotocopy yang kurang jelas atau kurang tajam biasanya masalah terletak pada bagian pengaturan Adjust dari bagian develop, Namun bukan berarti semua masalah memiliki solusi yang sama, anda bisa mencobanya langkah ini satu persatu karena terkadang dilapangan masalah akan berbeda satu dengan yang lain. 
Berikut ini cara untuk mengatur posisi roller magnet.

Setting posisi roller magnet develope Mengatur posisi roller magnet develope
1. Lepas develope dari mesin
2. Atur posisi plat adjust ini, semakin bergerak kekanan adalah hasil fotocopy semakin jelas, apabila di adjust ke kiri akan semakin putih hasilnya,
lakukan beberapa kali settingan, sampai hasilnya sempurna.

Kesimpulan :
dari pengalaman yang saya temui dilapangan guna mengatasi hasil fotocopy yang kurang jelas atau kurang tajam saya lakukan dengan melakukan setting pada adjust posisi roller magnet develope.
namun perlu juga untuk anda melakukan langkah perbaikan berurutan seperti yang saya diutarakan, karena saya percaya kadang dilapangan hasilnya akan berbeda dari solusi yang saya terapkan pada mesin saya.

Semoga apa yang saya jelaskan mengenai cara mempertajam hasil fotocopy canon iR 5000/6000 ini memberikan manfaat dan semoga bisa membantu, terima kasih.

0 Response to "Cara Mengatasi Hasil Fotocopyan Yang Kurang Hitam Atau Hasilnya Kabur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel