Cara Cloning Hardisk Mesin Fotocopy Canon iR Series


Hardisk merupakan sarana untuk menyimpan data data yang telah atau akan dicetak pada mesin fotocopy. Hardisk sangat rentang terhadap goncangan atau benturan karena bisa menyebabkan Bad Sector dan akan membuat file yang tersimpan tidak dapat di akses lagi. Berikut adalah cara cloning hardisk mesin fotocopy canon IR :

A.    Cara Yang Pertama Adalah Menggunakan MASTER CLONE 
1.      Sediakan hardisk kosong dengan kapasitas 20GB usahakan jangan ada yang badsector, kemudian format hardisk dengan  satu partisi atau satu bagian utama saja. Hubungkan hardisk yang baru saja terformat ke komputer, jika Anda tidak mempunyai kabelnya, maka kabel yang untuk cd room dilepas sementara tidak masalah. jika sudah terhubung dengan benar komputer akan mengenali hardisk dengan 1 partisi.
      Setelah itu hubungkan Hardisk asli yang dari mesin memakai kabel converter IDE to USB. Jika telah terhubung dengan benar maka akan muncul 4 partisi dari hardisk mesin, namun isi dari hardisk tidak akan bisa dilihat langsung karena sistem pada hardisk telah diprotek/dikunci oleh canon sehingga tidak bisa dilihat isinya kecuali memakai program khusus seperti MASTER CLONE.

2.      Buka aplikasi MASTER CLONE, nanti didalam program tersebut akan muncul 4 partisi yang dari hardisk mesin fotocopy dan 1 partisi dari hardisk yang baru atau yang kosong, kemudian lakukanlah langkah-langkah selanjutnya dan tunggu hingga proses clone/duplikasi telah selesai, biasanya untuk proses copy memakan waktu sekitar 8 menit.

3.      Setelah prosesnya sudah selesai, maka sampai disini proses clone/duplikasi telah selesai dan hardisk otomatis sudah terisi program. Kemudian silahkan anda matikan komputer lalu kemudian silahkan anda cobalah hardisk yang baru di clone tadi pada mesin fotocopy Anda.

B. Cara Yang Kedua Adalah Menggunakan Norton Partition Magic 8 / Norton Ghost 9 / Acronis True Image, disini saya menggunakan Acronis true image 2017
Alat-Alat yang harus anda siapkan adalah:

1.      Acronis true image atu bisa juga menggunakan Norton Ghost 9
2.      Hardisk Yang Masih Jalan Di iR5000
3.      Hardisk Yang Mau Dikloning Minimum 10gb

Cara Pake Yang Simple Dan Juga gampang Untuk Di Praktekan

1.      Hidupkan PC yang mau kita pake buat meng cloning.
2.      Pasang hardisk yang jalan dari mesin di slave aja, atau pake sambungan usb.
3.      Setelah computer sudah menyala, pastikan hardisk kamu kedetek.
4.      Cek terlebih dahulu di windows eksplorer apakan hardisknya terdeteksi, harus ada 4 partisi dengan nama “local disk”
5.      5 kalo anda klik biasanya akan meminta untuk di format, biarin aja jangan diganggu.
6.      Install program partition magic.
7.      Instaall program Acronis true image (pastikan udah di crack ya.).
8.      Biasanya komputer di restart lagi tuh..
9.      Nyalain program norton ghost lihat dulu partisi hardisk yang ada di hardisk mesin, catat ukuran partisinya dari yang terbesar sampe yang terkecil. Ada 4 partisi, yang “unalocated” ga dihitung.

10.  Pilih / klik “backup drives”– next > pilih partisi-partisi hardisk yang 4 tadi, semuanya langsung juga bisa (tinggal block aja), atawa atu-atu biar keliatan yang mana yg error.(biasanya suka ada yang ga bisa di backup)

11.  Simpan Filenya Dengan Nama Sesuai Nama Partisi, Biar anda Ga Pusing Pas Ntar anda Ngerestorenya, Jangan Lupa Simpan Di Drive Yang Aman Trus Bikin Folder Sesuai Nama Bootromnya.

12.  Udah selesai proses backup.
13.  Matiin komputer cabut hardisk.
14.  Pasang harddisk baru yang sudah anda siapkan
15.  Buka program partition magic.
16.  Delete semua partition yang ada..(untuk harddisk yang udah dipartisi/bekas)
17.  Buka catatan anda, berapa ukuran partition yang akan anda restore, karna biasanya setiap versi bootrom beda-beda partisinya.

18.  Bikin partisi dari yang terbesar dulu. Contohnya : 4102 mb, trus file systemnya pilih Fat32 atau unformated.
19.  Terus begitu sampai partisi yang terkecil.. pabila udah “klik apply” biarin sampe beres jangan diganggu.
20.  Kalo dah selesai close partisi magicnya.
21.  Buka program Acronis true image.
22.  Pilih restore drive next > browse.
23.  Cari file yang tadi lu simpen tadi.. Misalnya pilih di d:\harrdisk ir5000\boot type 7.47base\4102

24.  Next - lihat nya > restore destinations, brarti anda pilih yang partisi 4102 ya. Jangan salah..

25.  Next - jalanin aja > Pilihan yang ada ceklist-ceklistnya jangan diganggu ok.
26.  Begitu juga seterusnya.

Demikianlah postingan yang dapat saya bagikan kepada anda semua tentang cara cloning hardisk mesin fotocopy canon ir untuk segala jenis . Semoga setelah Anda mempelajari tutorial seperti diatas, maka Anda sudah bisa meng-cloning untuk hardisk mesin fotocopy Anda sendiri.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi anda pengunjung setia pengunjung blog atau situs centralcopier ini sekian dan terimakasih.

0 Response to "Cara Cloning Hardisk Mesin Fotocopy Canon iR Series"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel